logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Konsumsi Kopi dengan Gula Aren Lebih Sehat?

kopi dengan gula aren(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Mengonsumsi kopi dengan gula aren jadi tren sehingga banyak kedai kopi lokal menjajakan minuman ini. Selain rasanya nikmat, penggunaan gula aren juga dipercaya lebih sehat dibanding gula putih. Manakah yang lebih sehat dikonsumsi? Gula aren atau gula putih?

Berdasar keterangan pers yang diterima Sindonews, gula putih terbuat dari tebu, dan gula aren terbuat dari nira atau cairan yang keluar dari batang pohon enau. Gula putih itu makanan tinggi kalori tapi minim gizi, bahkan hampir nol. Gula aren diperkaya oleh mineral2 yang diperlukan oleh tubuh.

Penelitian menunjukkan gula aren mengandung kalium, fosfor, zink, zat besi, mangan, tembaga, hingga dosis kecil antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianidin. Gula aren kaya vitamin B8 (inositol), asam folat, vitamin B1 (tiamin), dan vit-B2 (riboflavin) yang berfungsi membentuk sel2 sehat.
Selain kandungan nutrisinya, gula aren jauh mengungguli gula putih dalam nilai glikemik. Dari rentang skor 0-100, nilai indeks glikemik gula pasir putih : 100 dan gula aren bernilai glikemik sekitar 35. Semakin tinggi nilai glikemik, makin cepat pula makanan itu menaikkan gula darah.

Gula aren jadi salah satu pemanis alternatif dengan indeks glikemik rendah juga berkat kandungan serat makanan yang disebut inulin. Serat inulin dikenal dapat menjaga kadar gula darah tetap normal. Dari berbagai aspek, gula aren jauh lebih unggul dari gula pasir putih biasa. Namun, gula aren tetaplah gula.

 

Gula aren juga dapat meningkatkan asupan kalori. Asupan kalori berlebihan berisiko kenaikan berat badan, hingga penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Karena itu, tetap harus membatasi asupan gula dalam makanan dan minuman sehari-hari guna mencegah risiko yang tidak diinginkan.

Apa pun jenis gulanya, batas rekomendasi porsi gula untuk orang Indonesia sehari = 50 gram gula atau setara 5-9 sendok teh. Batasan ini telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (alv; Diana Rafikasari; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1369066/155/benarkah-konsumsi-kopi-dengan-gula-aren-lebih-sehat-1547022769)-FatchurR *

 

*** Perlu dicoba, dirasakan hasilnya, Jika sesuai kenapa tidak membiasakan pakai Gula Aren) (FR)

One Response to Konsumsi Kopi dengan Gula Aren Lebih Sehat?

  • Harry Reksosamudra says:

    Kopi terbiasa diseduh gula pasir putih, malah pernah dicoba gula pasir kuning, rasanya berubah aplgi jk pakai gula aren. Jg saat menyeduh dg gula aren yg kadang dicetak spt model kue putu, agak ribet.
    Hakekatnya demi lebih sehat, lbh baik sejak dini digunakan gula aren, shg jk sdh terbiasa, tdk ada masalah lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita