Ketidak-suburan pria

Suami istri chinaJakarta – Ada banyak faktor yang bisa menurunkan kualitas sperma sehingga gagal membuahi sel telur. Salain karena faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol, penyakit gondongan ternyata juga ikut memberi andil besar pada masalah kesuburan tersebut.

 

“Gondongan bisa mempengaruhi kualitas sperma karena bisa menimbulkan anti bodi yang dapat membunuh sperma,” terang dr. Alvin Setiawan, SpOG dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi di Jakarta, Sabtu (28/6). Penyebab lainnya adalah karena sering terpapar panas, misalnya pada orang-orang yang bekerja di pabrik pembuatan logam.

 

“Produksi sel sperma tidak tahan berada di tempat yang panas karena bisa mati. Makanya letak alat kelamin pria berada di luar lantaran tidak tahan dengan panas tubuh,” terang dia. Selain itu masalah kelainan hormon, varikokel atau pembesaran abnormal pembuluh darah vena di kantung testis, stress, hingga kebiasaan begadang merupakan penyebab lain yang juga ikut mempengaruhi kualitas sperma.

 

Alvin menjelaskan, ada tiga kriteria utama yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kesuburan sperma seseorang, yaitu konsentrasi sperma, kecepatan, serta bentuk sperma. “Pria subur rata-rata mengeluarkan 2-5 cc semen dalam satu kali ejakulasi. Dikatakan normal bila dia memiliki konsentrasi sperma di atas 20 juta per cc,” terangnya.

 

Sementara sperma dikatakan normal bila memiliki bentuk kepala oval beraturan dengan ekor lurus panjang. Sperma yang bentuknya tidak normal seperti kepalanya terbelah, kepala terlalu besar, tidak berekor, dan lainnya. “Pria normal memproduksi paling tidak 30 persen sperma berbentuk normal untuk dapat membuahi sel telur,” jelas Alvin.

 

Lalu yang ketiga adalah kecepatan sperma yang terbagi menjadi empat bagian; A. Bergerak cepat B. Bergerak lambat C. Bergerak di tempat, dan D. Tidak bergerak. Menurut Alvin, sperma dikatakan normal dan bisa membuahi sel telur bila hasil A ditambah B melebihi 50 persen. (Penulis: Herman/AF; http://www.beritasatu.com/kesehatan/193269-inilah-faktor-penyebab-ketidaksuburan-pria.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita