logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kenapa terjadi mabuk Laut

mabuk laut (1health.id)-Hal paling mengganggu saat jalan2 naik kapal ialah, mabuk laut. Perasaan mual, ingin muntah dan badan lemas ini sangat mengganggu, seharusnya kita bisa menikmati indahnya berjalan via jalur laut malah menderita sepanjang berlayar. Mengapa mabuk laut bisa terjadi?

 

Mabuk laut itu mekanisme yang melibatkan sistem keseimbangan manusia. Sistem ini diatur proses yang saling memengaruhi antara mata, kulit dan otot, juga organ pada telinga dalam. Masing2 memberi info tentang tubuh pada otak, dengan tujuan menentukan status pergerakan dan keseimbangan  tubuh.

 

Jika informasi dari ketiga sistem pengatur itu tidak sinkron, maka terjadi kondisi mabuk laut. Mata sering kali tidak merasakan adanya gerakan atau merasa tubuh tidak bergerak sama sekali saat melakukan perjalanan di atas kapal laut, sehingga membuat pandangan menjadi konstan dan tidak berubah.

 

Padahal, organ di telinga dalam (sistem vestibular), merasakan ada pergerakan, perhentian atau akselerasi kapal. Perbedaan informasi antara mata dan sistem vestibular ini yang jadi penyebab seseorang mengalami mabuk laut. Ada hal2 yang bisa dilakukan untuk menghindari mabuk laut, yakni:

 

Selalu sedia obat anti mabuk

Cara termudah menghindari mabuk laut ialah dengan membawa dan mengonsumsi obat anti mabuk. Minumlah obat ini 15 menit sebelum Anda melakukan perjalanan laut. Obat ini biasanya akan membuat Anda mengantuk dan tertidur pulas sepanjang perjalanan, sehingga Anda bisa terhindar dari mabuk laut.

 

Hindari bau tidak sedap

Bau tak sedap dapat memicu rasa mual. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah bau2 menyengat dan tidak sedap saat Anda melakukan perjalanan laut. Carilah tempat yang nyaman sehingga Anda bisa menghindari mabuk laut.

 

Isi perut anda

Ini kerap diabaikan, banyak orang yang tidak makan sebelum perjalanan laut mereka. Perut kosong menyebabkan masuk angin dan membuat Anda mual. Makanlah sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum berangkat lewat jalur laut. Jangan terlalu banyak makan, karena kekenyangan akan membuat Anda mudah mual.

 

Duduk di dek luar

Saat Anda mual, coba pindah ke dek luar, dan hiruplah udara segar. Anda juga bisa melihat sejauh mata memandang, hamparan langit dan laut di hadapan Anda. Selain menghindari mual, ini menyegarkan pikiran Anda. (Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/mengapa-mabuk-laut-bisa-terjadi.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita