Kebiasaan Yang Bisa Merusak Gigi

makan es batu

(1health.id)-Kesehatan gigi harus dirawat. Gigi adalah ‘senjata’ pertama dalam pencernaan Anda. Meski perannya penting, banyak orang yang sering lalai dan tanpa sadar melakukan kegiatan atau kebiasaan yang dapat merusak gigi. Kebiasaan itu di antaranya :

 

Makan es batu

Mengunyah es batu nampaknya tidak berbahaya. Bila kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi Anda. Gigi bisa retak dan lama-kelamaan dapat membuat gigi patah. Jadi sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini sekarang juga.

 

Tindik lidah

Membuat tindikan di lidah jadi tren. Hal ini tidak disarankan. Tindikan lidah dapat menimbulkan gesekan antara anting dengan gusi atau gigi yang dapat  meningkatkan sensitifitas. Anting tindikan juga dapat menyebabkan penumpukan bakteri di mulut. Ini dapat mengganggu kesehatan mulut keseluruhannya.

 

Mengonsumsi permen jeli

Permen jeli satu jenis permen yang paling berbahaya. Selain kandungan gulanya tinggi, sifat kenyal dan lengketnya memungkinkan membuatnya terjebak di antara sela gigi. Keadaan ini dapat mengendapkan bakteri di dalam gigi Anda.

 

Mengonsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gula dan asam yang tinggi. Kandungan gulanya dapat menimbulkan plak gigi Anda. Asamnya dapat mengikis enamel gigi dan meningkatkan sensitifitas gigi. Bila Anda harus minum soda, jangan lupa segera menggosok gigi Anda maksimal 30 menit setelahnya.

 

Membuka sesuatu

Demi alasan kepraktisan, banyak orang memakai gigi untuk membuka sesuatu. Kebiasaan membuka barang seperti bungkus keripik kentang, tutup botol, atau label pakaian, sebaiknya dihentikan. Kebiasaan ini dapat membuat gigi retak hingga patah.

 

Mengonsumsi keripik kentang

Keripik kentang dapat mudah menempel pada gigi dan menciptakan tumpukan plak. Bakteri plak dapat mengikis gigi Anda perlahan. Setelah mengonsumsi keripik kentang, segera bersihkan gigi Anda.

 

Minum Kopi

Kopi dapat membuat Anda lebih segar di pagi hari. Namun, kafein di kopi dapat mengganggu aliran air liur, menyebabkan mulut kering, dan kerusakan gigi. Apalagi bila Anda menambahkan gula ke kopi Anda. Sebaiknya segera minum air putih, sesaat setelah minum kopi.

 

Merokok

Tembakau dapat membuat mulut kering dan meningkatkan penumpukan plak gigi. Rokok membuat gigi Anda menghitam, keropos, hingga karies. Jadi jangan tunda menghentikan kebiasaan Anda merokok.

 

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/8-kebiasaan-yang-dapat-merusak-gigi-1.html)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita