Kak Seto Sakit Kanker Prostat-Kenali Penyakit Ini

Kak Seto Sakit Kanker Prostat-Kenali Penyakit Ini(lifestyle.okezone.com)- Kabar tak mengenakan dari Seto Mulyadi. Psikolog yang biasa disapa Kak Seto itu mengidap Kanker Prostat.  Kabar itu disampaikan Kak Seto di unggahan foto di Instagram. Dari situ, Kak Seto menjalani beberapa kali pemeriksaan sebelum didiagnosa kanker prostat.

 

“Dan setelah beberapa kali dipemeriksa, ternyata saya didiagnosa mengidap kanker prostat,” tulis Kak Seto menyertai unggahan foto dirinya yang terbaring di tempat tidur RS dikelilingi keluarganya itu.

 

Ap aitu Kanker Prostat?

Penyakit kanker yang berkembang di prostat dan umum di kalangan pria dewasa. Kanker prostat terjadi ketika sel prostat bermutasi dan berkembang di luar kendali. Prostat itu bagian dari sistem reproduksi pria dan berada di bawah kantung kemih. Sel kanker ini dapat bermetastasis dari prostat ke bagian tubuh lain, terutama tulang dan kelenjar getah bening.

 

Metastasis ke tulang ini penyebaran paling sering ditemukan di kanker prostat. Ini akan menyebabkan penderitaan amat sangat karena nyeri hebat.  Prof. Dr. dr. Aru Sudoyo, SpPS, KHOM, FINASIM, FACP mengatakan, hingga kini gejala kanker prostat sulit untuk dideteksi dan termasuk kategori jenis kanker yang lambat. Satu-satunya cara mengetahui penyakit ini dengan melakukan deteksi dini.

 

“Kanker ini tidak selalu disertai pembesaran pada area kelamin laki-laki. Beberapa tanda umum kanker prostat dimulai dari sulit buang air kecil, hilangnya kontrol urin, gangguan ereksi, dan nyeri pada punggung serta dada”, terang dr. Aru di kantor YKI, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu

 

Siapa yang berisiko?

  1. Aru mengatakan, 90-95% kanker prostat sebetulnya dari individu masing-masing. Mulai dari faktor usia, ras, hormon, obesitas, polimorfisme genetik, gemar mengonsumsi makanan instan, pola hidup tidak sehat, serta kekurangan sinar matahari.

 

Bagi mereka yang memiliki ras Asia Timur diklaim berisiko lebih kecil kena kanker prostat, dibanding yang tinggal di Barat. Faktor lain pemicunya juga disebabkan kurangnya vitamin D. “Vit-D itu selalu dikaitkan dengan sinar matahari. Jadi mereka yang kurang sinar matahari memiliki risiko lebih tinggi kena penyakit autoimun dan kanker,” ungkap Aru.

 

Data dari oleh Yayasan Kanker Indonesia menyebutkan, satu dari 354 lelaki usia (49) menderita kanker prostat. Angka ini makin meningkat seiring bertambahnya usia. Tak heran bila kini, kanker prostat menduduki peringkat ke-3 sebagai penyebab kematian bagi lelaki di Indonesia. Karena itu, butuh deteksi dini untuk menekan angka kematian.

 

“Pasien kanker prostat yang dideteksi secara dini, kemungkinan bertahan hidupnya mencapai 99% untuk 5 tahun ke depan. Tapi mayoritas pasien yang ke RS kebanyakan berada di stadium 3-4,” tukas dr. Aru.

 

(hel; Dimas Andhika Fikri; Bahan dari  : https://lifestyle.okezone.com/read/2021/02/13/481/2361486/kak-seto-sakit-kanker-prostat-kenali-penyakit-yang-diidapnya)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita