Hipertensi Yang Perlu Diketahui Jangan Menyepelekan

(merdeka.com)-Hipertensi itu kondisi tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini jadi berbahaya karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras. Hal ini dapat mengakibatkan timbul penyakit lain seperti gagal ginjal, stroke dan gagal jantung.

 

Hipertensi terbagi 2, yaitu hipertensi primer dan sekunder. Hipertensi primer penyebabnya tidak diketahui pasti. Yang sekunder karena kondisi seperti penyakit ginjal, kehamilan, kelenjar tiroid, tumor kelenjar adrenal, kelainan bawaan pada pembuluh darah, kacanduan alkohol, NAPZA, gangguan pernapasan saat tidur, konsumsi obat seperti obat penurun panas, pereda rasa sakit, obat batuk pilek atau pil KB.

 

Mengingat hipertensi ini penyakit serius dan berbahaya maka penting mencegah sedini mungkin. Yang sederhana adalah menjaga pola makanan dan memperhatikan gejala apa saja yang muncul pada orang hipertensi agar kita bisa ambil langkah tepat memproses penyembuhannya. Berikut ini gejala hipertensi dan jangan menyepelekan dirangkum pada (14/06/20).

 

Hipertensi di Indonesia

Penyakit ini ditemui dan dialami banyak orang di Indonesia. Darah tinggi diderita oleh orang dewasa. Walau banyak anak remaja yang menderita darah tinggi. Warga kita cenderung berpola hidup tidak sehat. Misal jarang ber-OR atau beraktivitas fisik dan mengonsumsi makanan tak sehat.

 

Gejala Hipertensi

1-Tidak fokus dan sering sakit kepala

Gejala hipertensi dikenali dari sering tidak fokus dan sering sakit kepala ringan atau kronis. Gejala hipertensi ini akan terlihat jika tekanan darahmu sudah sangat tinggi. Yang sudah parah bisa sakit kepala yang diiringi mimisan. Ini disebut krisis hipertensi dan harus segera di bawa ke UGD atau RS.

 

2-Sulit mengontrol keseimbangan

Akibat kerap pusing, gejala hipertensi yang dialami, sulitnya menjaga keseimbangan. Ini jadi tanda awal stroke akibat tensi tinggi. Jika tiba-tiba pusing dan kehilangan keseimbangan tanpa alasan tertentu, bisa jadi hal itu gejala hipertensi yang perlu diwaspadai dan segeralah periksa ke dokter.

 

3-Tekanan diatas normal atau lebih dari130/80

Salah satu ahli jantung di Nano Health Associates di Florida, Adam Spalver, M.D, mengatakan “Karena tidak terlihat, tidak berarti itu tidak ada di sana,” Kita bisa cek  tekanan darah di rumah dengan alat yang banyak dijual.

 

Tekanan darah dapat berubah tergantung dari aktivitas, hidrasi, pola tidur, dan faktor lain. Saat  mencek tensi, usahakan berada kondisi tenang. Normalnya, tekanan darah berkisar 120/80 mmHG. Penderita hipertensi, tekanan darahnya bisa 130/80 mmHG hingga 140/90 mmHG berturut-turut

 

4-Sulit Buang Air Kecil dan kembung

Penderita hipertensi kerap sulit buang air kecil. Ini karena tekanan darah yang memengaruhi kinerja ginjal. Ginjal turut mengalami dampak dari lonjakan teknsi. Ginjal yang kinerjanya turun menyaring racun, akan menurunkan produksi urinnya. Jadi, penderita kesulitan buang air kecil atau bahkan sedikit yang dibarengi dengan kondisi perut yang kembung.

 

5-Kondisi  pandangan sering kabur

Tensi pada tubuh berdampak pula pada pembuluh darah pada mata yang membuat pandangan mata jadi buram. Jika hipertensi parah dan tidak terkontrol, seseorang bisa buta. Gejala hipertensi sebaiknya diwaspadai karena akan fatal bagi kesehatan tubuh.

 

Cara mencegah Hipertensi

Penyakit berbahaya ini bukan berarti tidak bisa dicegah. Kamu bisa mencegah hipertensi dengan berbagai cara berikut ini:

 

1-Menjaga berat badan ideal sebab jika berlebih membuat seseorang lebih berisiko terserang hipertensi.

2-OR rutin membuat terhindar dari risiko terserang hipertensi. Lakukan jalan cepat atau bersepeda 2-3 jam setiap minggu.

 

3-Konsumsi makanan rendah lemak dan kaya serat (roti dari biji-bijian utuh, beras merah, serta buah dan sayuran) itu cara mencegah hipertensi.

4-Mengurangi garam, juga cara mengatasinya. Batasi dalam makanan, tidak lebih dari satu sendok teh.

 

5-Kurangi konsumsi alkohol kalau berlebih dari takaran yang disarankan, beerisiko hipertensi.

6-Berhenti merokok. Walau tidak menyebabkan hipertensi langsung, tapi rokok membuat arteri menyempit, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

 

7-Konsumsi kafein sesuai yang dianjurkan sebab meminum lebih dari empat cangkir kopi sehari bisa meningkatkan risiko hipertensi.

 

8-Masak sendiri di rumah karena kita bisa memastikan makanan yang dikonsumsi itu bahan makanan bermutu dan bergizi. Kita dapat menakar banyaknya garam yang digunakan dalam sekali memasak. Pasalnya, mengonsumsi banyak garam berkontribusi besar dalam meningkatnya tekanan darah.

 

9-Perhatikan label makanan. Ingatlah garam itu musuh hipertensi. Jadi, sebisanya kurangi makanan yang tinggi natrium dan terlalu asin dari makanan sehari-hari. Caranya mudah. baca info gizi pada label makanan. Karena tanpa disadari, makanan kemasan cenderung mengandung banyak natrium.

 

10-Kelola stres, ini sering disepelekan. Banyak yang tidak tahu. Mengelola stres berperan  menstabilkan tensi. Stres berat mempersempit pembuluh darah. Ini berkontribusi jadi penyebab hipertensi, meski sementara. Dari stress, beragam hal tidak sehat dilakukan. Misal makan kebanyakan, begadang, kecanduan rokok, atau minum alkohol berlebihan. Penting banget kelola stress sebaik mungkin

 

(nof; Novi Fuji Astuti; Bahan dari : https://www.merdeka.com/jabar/gejala-hipertensi-yang-perlu-diketahui-jangan-menyepelekan-kln.html)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita