logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Garam Himalaya bermanfaat untuk Kesehatan

(hellosehat.com/hidup-sehat)- Kali ini senior kita Poppy Dunda A-61 berbagi tentang Garan Pink. Apakah Anda pernah dengar garam selain garam meja (biasa untuk memasak)? Di dunia ada ber-jenis2 garam. Salah satunya garam Himalaya tak berwarna putih , tapi pink. Simak penjelasannya berikut ini.

 

Garam Himalaya

Garam Himalaya tidak sembarangan bisa Anda dapatkan. Garam ini tak berasal dari laut seperti biasa, tapi dari tambang garam terbesar kedua di dunia : Khewra Salt Mine yang berada di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Garam Himalaya itu garam paling murni di dunia. Garam ini terkubur ribuan tahun di bawah lapisan lava, salju, dan es.

 

Karena itu, warna garam ini beda. Warna pink atau merah muda yang dimiliki garam ini berasal dari kandungan zat besi di dalamnya. Jika Anda menaburkan garam Himalaya ke dalam makanan Anda, maka makanan Anda akan berubah warna menjadi lebih menarik.

 

Manfaat Garam Himalaya

Garam Himalaya banyak bermanfaat dan yang bisa Anda dapat dari konsumsi garam Himalaya adalah:

 

1-Mengandung banyak Mineral

Garam pink ini mengandung mineral. Ini bisa dilihat dari warnanya. Garam ini mengandung 80an mineral berbeda. Selain zat besi yang memberi warna pink, garam ini mengandung magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dsb. Mineral2 ini diperlukan tubuh. Namun, 97% garam Himalaya terdiri dari natrium klorida, dan 3% mineral lain dalam konsentrasi kecil.

 

2-Mengandung Antimikroba

Antimikroba dalam garam ini dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Antimikroba dalam garam juga bermanfaat untuk kesehatan. Antimikroba digunakan tubuh membantu melawan infeksi. Selain itu, penelitian membuktikan asupan natrium tinggi yang diperoleh dari garam dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan pada tikus.

 

Karena itu, konsumsi garam Himalaya atau garam lain dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Menggunakan garam Himalaya untuk mandi atau dioleskan ke kulit juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.

 

3-Mempertahankan Hidrasi Tubuh

Tubuh mengandung garam elektrolit untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menjaga hidrasi. Sehingga, konsumsi garam Himalaya dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan dan hidrasi. Hal ini memperlancar komunikasi sinyal saraf dan membantu fungsi otot. Dengan mengonsumsi natrium dalam jumlah tepat, Anda juga membantu tubuh dalam mencegah kram otot dan masalah otot lain.

 

4-Menyeimbangkan pH Tubuh

Selain membantu menyeimbangkan cairan tubuh, natrium juga membantu menyeimbangkan pH tubuh. Natrium dapat menetralkan asam dalam tubuh, sehingga menyeimbangkan pH dalam tubuh. Sehingga, jika Anda mengonsumsi garam Himalaya yang mengandung natrium, Anda akan dapat manfaat ini.

 

Dengan menyeimbangkan pH tubuh, bisa mencegah menurunnya kekebalan tubuh, hilangnya kepadatan tulang, dan batu ginjal. Garam Himalaya bisa juga sebagai antasida karena bisa menetralkan asam lambung yang berlebihan.

 

5-Detoksifikasi

Berendam di air hangat yang ditambah garam Himalaya membantu tubuh mengeluarkan racun. Garam ini membantu menarik racun keluar dari kulit dan jaringan lemak. Berendam garam Himalaya juga bisa melemaskan otot2 tegang setelah beraktivitas. Hal ini membuat tubuh lebih segar dan berenergi.

 

6-Manfaat lain

Manfaat lain dari garam Himalaya yaitu meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan, menjaga kesehatan pembuluh darah, kekuatan tulang, fungsi saluran pernapasan, ginjal, dan kandung empedu.

 

Bedanya dengan Garam biasa (garam meja)

Tidak seperti garam meja yang biasa untuk masak, garam ini tidak mengalami pemrosesan. Sehingga tidak ada zat tambahan yang ditambahkan ke dalamnya. Hal ini membuat garam Himalaya sangat murni dan mempunyai konsentrasi mineral dan warna yang masih alami.

 

Garam ini juga mengandung lebih sedikit natrium dibanding garam meja. Dalam 1/4 sendok teh, garam meja mengandung 600 mg natrium, sedang garam Himalaya mengandung 420 mg natrium. Hal ini menjadikan garam Himalaya dapat membantu mengontrol tekanan darah. Garam Himalaya baik dikonsumsi oleh orang dengan hipertensi, Gagal Jantung Kongestif, penyakit Ginjal, atau sirosis hati.

 

Asupan natrium berlebihan tentu tidak baik. American Heart Association merekomendasikan asupan natrium tidak lebih dari 2300 mg/ hari untuk semua orang dan batas konsumsi natrium tidak lebih dari 1500 mg/ hari untuk orang dewasa, terutama yang bermasalah dengan tekanan darah. (Poppy Dunda-Shirley Edna Maringka-A61; Bahan dari Arinda Veratamala;  https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-garam-himalaya-kesehatan/)-FR*

3 Responses to Garam Himalaya bermanfaat untuk Kesehatan

  • Garam Himalaya sdh dikenal lama oleh org Yunani kuno, kemudian pengetahuannya dikembangkan dg West Medicine System. Dibuat bangunan buat perawatan dikota dg bangunan modern yg mengadopsi kondisi gua disebut The Salt Cave, dg motto : “Biarkan Hidup Anda bernafas kembali dg 100 % Terapi garam Alami”.
    Penggunaan Tehnologi Breeze Tronic Pro (London) dg mesin khusus menghaluskan garam Himalaya shg jika disemburkan akan masuk pori2 seluruh tubuh.
    Kiranya cara aplikasinya Thabib DR Poppy bisa lbh jelas menerangkan detail serta prosesnya.

  • Selamat siang teman teman2WA

    Speleoterapie ,Haloterapie

    Abad 14 di Polandia penggalian garam dimulai dan dijadikan bahan penting untuk diperdagangkan
    1843 Dr Felix Boczkowski mengambil kesimpulan bahwa pekerja berat penggalian garam berkondisi sehat terutama fungsi pernapasannya,Garam tersebut digali 100-300 meter dibawah tanah,hingga terbentuklah goa2 garam(saltcave)
    Salah satu yang sampai sekarang masih dikunjungi turist terdapat di Wiloczka di Polandia

    Speleo=goa/cave. halos=garam
    Para medis dan biokimia meneliti goa2 yang bisa nyembuhkan beberapa penyakit
    Dengan perkembangan teknologi,dibuat generator yang menghaluskan garm2 tsb sedemikian dengan partikel sebesar 0,1-5 mikrometer
    Ukuran ini penting karena ionisierte kristal garam sanggup nembus bronchialsystem malahan dari alveoli tembus ke pembuluh darah(aku ngerpek),Alat ini juga mengatur kelembaban ruangan terapi yang tidak boleh lebih dari 30%,,Konsentrasi garam dalam ruangan tsb diatur oleh generator sebanyak 10-15mg per meterkubik,ditiup dengan kekuatan 6bar atmosf
    Ruangan terapi harus diganti teratur dengan udara segar agar partikel garam tidag turun
    Syarat2 ini diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan
    berkat reaksi osmose antara garam dan sel2 yang meradang

    Garam yang kita rebus biasa dan menghirup uapnya kurang bermanfaat karena kristalnya terlalu besar dan kelembaban tinggi dari air rebusan hingga kerja osmose terganggu
    Saltcave yang cantik2 arkitekturnya,memang enak buat soul nya, tapi untuk system pernapasan hampir tak berguna karena konsentrasi garam dalam cave tsb amat rendah hanya 0,2 mg dalam 1meter kubik

    Indikasi Haloterapi antara lain COPD chronic obstructive lpulmonary disease
    Penyakit kulit
    Khonische sinusitis
    DAN buat perokok berat

    Semoga isi ini berguna,
    diimbuh yoo seneng
    di kritik yoo nrimo

  • Hal tehnisnya dan tehnologi, spt Thabib Dr Poppy lbh menguasai dari praktek serta pengetahuan literaturnya
    Sbg org awam, sy hanya berpikir logika sebatas pengetahuan umum sj, meski ada literaturnya tetap sj tdk bisa dicerna sbg ahlinya. Jadi apa yg dipaparkan dlm komentar beliau, itulah yg terbaik, sambil didalami direnungkan kembali, jika ada pertanyaan, pasti ditanyakan sebagai susulan ko.entar? Danke bu Thabin !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita