FDA Temukan 77 Hand Sanitizer Perlu diwaspadai

(health.detik.com)-JAKARTA Memakai Hand Sanitizer jadi opsi di saat fasilitas mencuci tangan tidak tersedia. Namun, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir tetap jadi langkah paling dianjurkan untuk mencegah Virrus Covid-19 dibanding selalu memakai hand sanitizer.

 

Baru-baru ini, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menambah daftar produk hand sanitizer yang dinilai beracun. Setidaknya ada lebih dari 70 produk hand sanitizer yang ditemukan mengandung metanol, kandungan ini berbahaya saat terserap kulit.

 

Sebelumnya, FDA mengeluarkan peringatan terkait kandungan metanol yang ditemukan di beberapa produk hand sanitizer Juni lalu. Bahkan dalam kadar tertentu, jenis alkohol ini bisa berdampak fatal seperti kebutaan, hingga kematian jika tidak sengaja tertelan.

 

FDA mencatat 77 hand sanitizer yang mengandung metanol. “Semua orang harus menjaga kebersihan tangan dengan baik, yang mencakup penggunaan pembersih tangan berbasis alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

 

Sayangnya, ada beberapa perusahaan ambil untung dari meningkatnya penggunaan hand sanitizer selama pandemi,” ujar Komisaris FDA, Stephen M Hahn, dalam situs resmi FDA. Selain itu, paparan metanol juga bisa menyebabkan beberapa gejala seperti berikut.

 

– Mual
– Muntah
– Sakit kepala
– Penglihatan kabur
– Kebutaan permanen
– Kejang
– Kematian

 

Maka dari itu, seseorang yang terpapar kandungan metanol pada hand sanitizer sebaiknya segera mendapat pertolongan medis. Hal ini demi menghindari gejala semakin memburuk.

 

Peringatan ini menjadi penting bahwa pencegahan Corona yang paling baik dilakukan adalah dengan mencuci tangan. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, terutama setelah batuk, bersin, sebelum makan, atau saat keluar dari kamar mandi.

 

(naf/up; Nafilah Sri SagitaK; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5107266/fda-temukan-77-hand-sanitizer-berbahaya-waspada-kandungan-ini-berisiko-fatal?tag_from=wpm_cb_lifestyle_3&utm_source=detik.com&utm_medium=referral)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita