logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Encephalitis Penyakit Yang Merenggut Nyawa Pemain Timnas U16

Encephalitis Penyakit Yang Merenggut Nyawa Pemain Timnas U16(sains.kompas.com)- Kabar duka menyelimuti ranah sepak bola nasional. Pemain Timnas U-16, Alfin Farhan Lestaluhu, meninggal pada Kamis (31/10/2019). Dia wafat di RS Harapan Kita, Jakarta. Sejak September-2019, Alfin kerap mengeluh sakit kepala.

 

Dia pun sempat dirawat di rumah sakit sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir. Dari laman resmi PSSI, Alfin didiagosis menderita encephalitis dengan hypoalbumin.

 

Apa Itu Encephalitis?

Dokter spesialis saraf dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr Rubiana Nurhayati Sp.S, menyebutkan  encephalitis (ensefalitis) itu radang otak. “Itu infeksi yang mengenai otak. Penyebabnya macam-macam. Bisa karena virus, bakteri, tuberculosis (TBC), jamur, autoimun, dll” tuturnya ke Kompas.com (1/11/19).

 

Penyakit ini bisa berkembang serius ketika menyerang tubuh. Gejala radang otak lainnya biasanya ditentukan bagian otak mana yang terkena infeksi virus, bakteri, dan jamur. Encephalitis tergolong penyakit berat dan berisiko kematian.

 

dr Rubiana menyebutkan. “Gejalanya demam, penurunan kesadaran, muntah, sakit kepala, dan bisa saja kejang,” tuturnya. Meski termasuk penyakit langka, prognosis dari encephalitis sangat buruk. Penyakit ini bisa berkembang cepat dan butuh perawatan segera.

 

Dalam kasus lebih serius, penyakit ini mengakibatkan terjadinya gangguan berbicara, ingatan, hingga kematian. Ada banyak faktor risiko encephalitis mulai dari usia, sistem kekebalan tubuh yang lemah, hingga wilayah geografis (tinggal di daerah dengan populasi nyamuk atau kutu pembawa virus).

 

“Encephalitis prognosisnya buruk. Angka kematian dan kecacatannya tinggi. Penanganana tidak sembarangan, tergantung penyebabnya,” jelas dr Rubiana. Pengobatan penyakit ini bisa dimulai dari konsumsi obat-obatan, perawatan pendukung seperti infus dan alat bantu pernafasan, serta terapi pendukung seperti terapi fisik hingga psikoterapi.

 

Hypoalbuminemia

Selain encephalitis, Alfin juga didiagnosis mengalami hypoalbumin. Menurut dr Rubiana, hypoalbumin (hypoalbuminemia) itu keadaan tubuh kekurangan albumin. “Itu kondisi tubuh kekurangan albumin atau protein. Biasanya ini dikarenakan infeksi berat,” tuturnya.

 

Kadar albumin normal tergantung usia seseorang. Biasanya, kadar albumin normal antara 3,5 – 5,9 gram per desiliter (g/dL). Seseorang dikatakan hypoalbuminemia jika kadar albumin di bawah 3,5 g/dL.

 

Penyakit ini banyak gejalanya, yang terlihat, pembengkakan. Seperti pembengkakan akibat penumpukan cairan pada wajah atau tungkai, pembengkakan kelenjar air liur, dan pembesaran lidah (makroglosia). Penanganan hypoalbuminemia tergantung penyebabnya. Penyakit ini  bisa diatasi dengan obat-obatan.
(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mengenal Encephalitis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Pemain Timnas U-16”, Penulis dan Editor : Sri Anindiati Nursastri; Cuplikan dari : https://sains.kompas.com/read/2019/11/01/173548423/mengenal-encephalitis-penyakit-yang-merenggut-nyawa-pemain-timnas-u-16?page=all)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita