ratusan bunga mekar bersama

jajanan pinggir jalan tidak sehat (merdeka.com)- Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, konsumsi makanan kita sehari-hari pastikan harus benar-benar sehat. Hal itu termasuk jajanan pinggir jalan yang dikonsumsi terutama pada anak-anak.

 

Berdasarkan data Badan Pengawas Obat dan Makanan, Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) merupakan salah satu prioritas pengawasan pemerintah. Ada peran pemerintah strategis dalam mencukupi kebutuhan gizi anak sekolah.

 

“PJAS menyumbang 31,06% energi dan 27,44% protein dari konsumsi pangan harian. Hampir 99% anak sekolah jajan di sekolah, baik di kantin maupun pedagang di luar sekolah,” jelas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K Lukito dalam keterangan tertulis.

 

Dorongan jajanan pinggir jalan yang sehat juga dilatarbelakangi data Kemenkes. Laporan Kementerian Kesehatan menyebut, makanan yang dijual di pinggir jalan menjadi sumber keracunan makanan tertinggi kedua di Indonesia.

 

Pola pangan sehat

Masyarakat Indonesia juga perlu memahami pola pangan sehat. Makanan sehat harus mudah diakses semua orang.

 

Saat ini pola pangan sehat kurang tersedia dan terjangkau untuk semua orang. Seiring itu banyak yang tidak menyadari apa yang merupakan pola pangan sehat,” ungkap WFP Representative Christa Räder.

“Informasi mengenai apa yang harus dimakan dan diminum agar tetap sehat, serta kesadaran akan food waste dan food loss harus dapat diakses oleh semua orang.

 

Perwakilan FAO Stephen Rudgard menambahkan, perlu peningkatkan kualitas makanan jalanan. Meski begitu hal ini tidak mudah dilakukan.

 

“Pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama untuk memastikan, makanan sehat dan bergizi mudah diakses dengan harga yang terjangkau untuk semua orang, tandasnya.

 

(Reporter: Fitri Haryanti Harsono; RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : Liputan6.com  dan https://www.merdeka.com/sehat/demi-jaga-kesehatan-penting-untuk-mengetahui-keadaan-jajanan-yang-dikonsumsi.html)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar