logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cegah PTM dengan Berolah Raga Lari sejak remaja

Cegah PTM dengan Berolah Raga Lari sejak remaja (lifestyle.sindonews.com)-Tren penyakit tidak menular (PTM) menunjukkan kenaikan dan menyerang usia semakin muda. OR sejak remaja perlu digiatkan guna mencegah PTM.

Hasil temuan UNICEF bertajuk Adolescence, A Time That Matters (2002) mengungkapkan, 70% dari seluruh kematian kalangan dewasa, antara lain akibat penyakit jantung dan paru2, dapat dicegah melalui penerapan gaya hidup sehat sejak usia muda. Jadi aktivitas fisik penting dikalangan remaja.

Selain tahun pertama kehidupan, remaja jadi periode penting di masa tumbuh kembangnya. “Salah satu perkembangan paling signifikan terjadi pada prefrontal cortex di otak yang berperan mematangkan kemampuan ambil keputusan, mengembangkan kepribadian dan mampu bersosialisasi,” papar dr Sandi Perutama Gani, medical expert dari Combiphar, di acara Peluncuran Combi Run Academy 2019.

 

Perkembangan prefrontal cortex dipengaruhi hormon endorfin yang produksinya tak lepas dari tiga elemen, yaitu gen deleted in colorectal cancer (DCC), hormon dopamin, dan hormon kortisol. Meningkatkan produksi hormon endorfin untuk perkembangan prefrontal cortex, aktivitas fisik rutin jadi kunci.

“Nah, lari jadi salah satu kegiatan fisik yang direkomendasikan bagi remaja, mudah dan bisa dilakukan siapa pun, di mana pun, dan kapan pun,” kata dr Sandi.

Lari teratur mampu menekan rasa gelisah dan depresi. Manfaat fisik, lari meningkatkan kesehatan musculoskeletal, kebugaran kardiorespirasi, kesehatan jantung, mengurangi kenaikan berat badan, dan membangun ketahanan tubuh untuk OR berdampak tinggi seperti bola basket dan sepak bola.

Selain manfaat fisik, berlari berfaedah untuk tidur lebih berkualitas. Penelitian mengungkapkan berlari 30 menit rutin lima hari dalam tiga pekan terbukti membantu remaja mendapat waktu tidur yang lebih berkualitas dan lebih fokus dalam meningkatkan pencapaian akademis.

Segudang manfaat lari ini mendorong Combiphar melahirkan Combi Run Academy (CRA) untuk mengajak remaja Indonesia semakin membudayakan lari sebagai aktivitas fisik sederhana tapi berdaya guna besar untuk menunjang masa dewasa yang lebih sehat kelak.

“Combi Run Academy merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan yang merangkul dua bidang sekaligus, yaitu ranah olahraga, salah satunya terealisasi dalam bentuk ajang lari tahunan Combi Run, dan nonolahraga, yakni Combi HOPE Healthy Living Education.

“Dalam penyelenggaraan ke-2, CRA 2019 melibatkan 15 SMA di wilayah Jakarta dan sekitarnya,” tutur B Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Community Development Combiphar.

 

Pihaknya berharap, lewat CRA akan lahir bibit2 penggiat lari Indonesia yang berprestasi. Meski begitu, Andi Kurniawan, dokter dari Indonesia Sports Medical Centre (ISMC), mengingatkan agar pelari melakukan persiapan matang sebelum berlari. Sebab, banyak pelari yang hanya melihat pelari lain.

Akibatnya, bukan manfaat kesehatan yang dicapai, malah risiko cedera. “OR lari itu manfaatnya bagus, badan jadi lebih bugar, tapi risiko cederanya tinggi jika gak ada persiapan. Contohnya sebelum ikut lari 42 km harusnya ikut 5 km dulu, setelah beberapa kali baru 10 km dan seterusnya,” tutur dr Andi.

Risiko yang banyak dialami adalah cedera otot, engkel, dan lutut. Spesialis kedokteran olahraga ini menyarankan, sebelum mengikuti lomba lari, pelari hendaknya melakukan persiapan khusus, di antaranya latihan kekuatan otot, menjaga pola tidur, istirahat, dan nutrisi diatur.

 

Yang juga perlu diperhatikan adalah memperhatikan asupan makanan, asupan karbohidrat dan protein harus banyak dan mengandung lemak. (don); Bahan dari : Koran Sindo dan https://lifestyle.sindonews.com/read/1374972/155/cegah-ptm-dengan-kebiasaan-olahraga-lari-sejak-remaja-1548899813)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita