Cara terbaik bersihkan telinga

Saya terbiasa membersihkan telinga, meniru kakak, namun info berbeda dari Kompas.com; bahwa membersihkan telinga dengan cotton bud pasti itu enak. Tapi pakar kesehatan ingin tiap orang berhenti membersihkan telinga dengan cotton bud, tusuk gigi, jepit rambut dan barang2 berbahaya lain.

 

Meski enak, bersihin bagian dalam telinga dengan alat itu bukan ide sehat. Keberadaan kotoran telinga (serumen), berfungsi menjaga kulit tetap lembab dan menghalangi infeksi, kata Ana Kim, M.D, ahli otolaringologi di Columbia Doctors dan prof. otolaringologi di Columbia University Medical Center.

 

Memakai cotton bud membersihkan, malah mendorong kotoran ke dalam, kata Ileana Showalter, M.D. Jika terlalu dalam, menyebabkan gangguan pendengaran karena gendang telinga tertusuk korek kuping. Kulit di saluran telinga halus, sehingga penggunaan cotton bud merusaknya dengan mudah, membuat pintu masuk bakteri. “Berisiko infeksi. Kita harus hindari memasukkan sesuatu ke telinga” kata Kim.

 

Yang benar caranya sama seperti membersihkan seluruh tubuh: dengan mengelap lembut di bagian luar. Tak perlu membersihkan bagian dalam, karena sisa kotoran akan hancur sendiri. “Kondisi alam membuat telinga jadi permukaan pembersih diri,” kata Kim. Jika tetap harus pakai cotton bud, bersihkan di bagian luar telinga agar bisa menghilangkan kotoran di luar.

 

Satu2nya pengecualian aturan ini saat kotoran telinga mulai mengganggu pendengaran, penyumbatan, atau megeluarkan sesuatu warna kuning / cokelat. Bukan berarti bisa menggunakan cotton bud. Bila ingin benar2 membersihkan, maka bisa dengan alat bersih2 telinga semacam Debrox.

 

Bila tetap bermasalah pendengaran karena kotoran telinga, temui dokter. Cara paling aman untuk membuka sesuatu yang menghalangi telinga, serahkan ke ahlinya. Jika kotorannya lunak, dibersihkan melalui teknik isap, bila sulit, digunakan kuret serumen masuk ke telinga dan menariknya keluar.

 

Dokter secara visual akan memperbesar telinga memastikan membersihkan tanpa merusak bagian dalam telinga. (Kahfi Dirga Cahya; Lusia Kus Anna; Menshealth)

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/29/061000220/bagaimana-cara-terbaik-membersihkan-telinga-)-FatchurR

2 Responses to Cara terbaik bersihkan telinga

  • Harry Reksosamudra says:

    Membersihkan kotoran ditelinga merupakan hal biasa dilakukan kala usia muda sp usia tua, adanya peringatan dr ahlinya hrs dipikirkan. Krn kerusakan telinga dlm akan lbh sulit penanganannya serta berdampak pd lain organ terutama jk infeksi sp mengganggu keseimbangan tubuh, jk naik ke otak bisa merusak kerjanya

  • Fatkhurr says:

    Banyak dari kita yang menjadi sakit atau penyakit yang diderita makin parah salah satunya karena ketidak tahuan kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita