logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cara Mudah Atasi Sariawan

sariawan di lidah(1health.id)-Sariawan tak hanya muncul di bagian dalam bibir dan gusi Anda, namun lidah Anda juga. Sariawan yang tumbuh di lidah  menyebabkan rasa sakit dan perih di mulut. Tak jarang, sariawan ini juga menurunkan nafsu makan kita.

 

Biasanya sariawan muncul akibat stres, kebiasaan merokok, efek samping obat-obatan, luka di lidah, infeksi HIV, kanker, diabetes, dan lain-lain. Sariawan yang muncul di lidah juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur di mulut yang dikenal dengan istilah oral thrush.

 

Sariawan yang muncul di lidah dapat membaik dengan sendirinya setelah beberapa hari hingga dua minggu. Namun, jika penyebab sariawan akibat infeksi jamur, maka diperlukan pemakaian obat anti jamur. Untuk mengatasinya ada cara2 yang bisa Anda lakukan mengatasi sariawan di lidah, Monggo

 

Sikat Gigi

Siapa di antara Anda yang masih malas untuk sikat gigi 2x sehari? Maka tidak heran, jika sariawan betah untuk sering2 mengunjungi mulut Anda. Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi 2x sehari itu  penting.

 

Jika diperlukan, penggunaan benang gigi atau dental floss juga dapat menjaga mulut Anda lebih bersih. Rutinlah mengganti sikat gigi Anda yang sudah tidak nyaman untuk dipakai, hindari juga berbagi sikat gigi dengan orang lain, sekalipun itu pasangan Anda.

 

Air Garam

Berkumur dengan air garam jadi salah satu pilihan terbaik untuk menyembuhkan sariawan di lidah. Campurkan setengah sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam  beberapa saat lalu dibuang. Berkumur dengan air garam dinilai lebih baik dari pada menggunakan obat kumur. Lakukan pengobatan ini beberapa kali dalam sehari agar sariawan cepat sembuh.

 

Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt juga disarankan untuk Anda yang ingin terbebas dari sariawan di lidah. Hal ini karena yoghurt mengandung Lactobacillus acidophilus yang dapat mengembalikan tingkat bakteri baik di dalam tubuh. Pastikan yoghurt yang Anda konsumsi tidak mengandung pemanis tambahan.

 

Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara termudah mengatasi sariawan di lidah ialah dengan memperbanyak minum air putih. Jika saat meminum, sariawan terasa sakit, Anda bisa menggunakan bantuan sedotan. (Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-cara-mudah-atasi-sariawan-di-lidah.html)-FatchurR *

 

*** Selain mempelajari pengobatannya, ada baiknya mencegah penyebabnya. (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita