ratusan bunga mekar bersama

Cara Meningkatkan Trombosit Dalam Darah(1health.id)- Trombosit bagian penting saat Anda menderita demam berdarah. Pasalnya, jumlah trombosit yang kian menurun pada penderita demam berdarah (DB) bisa mengakibatkan perdarahan pada tubuh.

 

Yaitu internal (berada di dalam organ tubuh) dan eksternal (mimisan, gusi berdarah, BAB berdarah) karena fungsi utama trombosit adalah untuk pembekuan darah.

 

Nilai normal trombosit adalah 150.000 hingga 400.000 sel/mm3. Pada penderita DB, trombosit akan mengalami penurunan sehingga Anda akan disarankan dirawat di rumah sakit agar Anda tetap dalam pantauan tenaga kesehatan. Beberapa upaya alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah trombosit, yaitu:

 

1-Konsumsi makanan sumber Mineral

Dalam proses pembentukan trombosit, tubuh membutuhkan sumber mineral dan vitamin, terutama vitamin A, C, D, K, dan mineral seperti kalsium. Bahkan saat terjadi perdarahan, trombosit bersama vitamin K, kalsium, dan protein (disebut fibrinogen) akan membantu membekukan darah sehingga tidak terjadi banyak perdarahan.

 

Anda bisa mendapat vitamin-vitamin ini secara alami dari buah dan sayur seperti jambu biji, jeruk, bayam, tomat, buah bit, dan kubis. Sedangkan untuk mendapatkan kalsium, Anda bisa mengonsumsi ikan beserta tulangnya (ikan teri), brokoli, dan susu.

 

2-Konsumsi makanan sumber Asam Folat dan Omega-3

Asam folat yang terdapat pada bayam, jeruk, dan kacang merupakan salah satu elemen penting dalam produksi trombosit. Begitu pula dengan omega 3 yang banyak terdapat pada salmon, tuna atau minyak ikan, bisa membantu tubuh dalam memproduksi trombosit.

 

3-Istirahat cukup

Tidur cukup, setidaknya 7-8 jam sehari akan membantu tubuh menjadi lebih segar. Dalam kondisi tubuh yang lebih segar trombosit akan lebih banyak diproduksi.

 

4-Hindari aktivitas berat

Aktivitas berat seperti olahraga bisa meningkatkan risiko terjadinya perdarahan. Sebaiknya Anda menghindarinya agar tugas trombosit tidak semakin berat, dan jumlah trombosit akan lebih cepat naik.

 

5- Cukupi kebutuhan cairan

Saat sakit DB, umumnya Anda akan mengalami demam, atau bahkan mengalami mual dan muntah. Saat inilah Anda butuh cairan dalam jumlah tertentu agar terhindar dari risiko dehidrasi. Selain itu, sel darah terdiri dari air dan protein, sehingga bila Anda banyak minum maka akan membantu pembentukan trombosit.
(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/begini-cara-meningkatkan-trombosit-dalam-darah.html)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar