logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cara memasak yang benar agar sehat

memasak dengan microwave(lifestyle.kompas.com)-Bahan2 pangan kaya nutrisi bisa berubah kurang sehat bila dimasak dengan cara salah. Padahal ada cara mengolah makanan lezat tapi tetap sehat. Memasak dengan suhu tinggi bisa menghancurkan vitamin dalam sayuran, terutama vit-C, folat, dan potasium, sampai 20%.

 

Mungkin ini sebabnya penganut pola makan makanan mentah (raw food) yakin cara terbaik menyajikan makanan tidak dimasak. Tapi Penelitian menunjukkan mayoritas makanan lebih bernutrisi setelah dimasak, misal wortel, bayam, dan tomat. Proses pemasakan membantu pelepasan antioksidan dengan cara menghancurkan dinding sel sehingga zat2 penting di sayuran itu lebih mudah diserap tubuh.

 

Berikut adalah 7 metode memasak yang dianggap paling sehat:

1-Menggunakan Microwave

Memasak dengan microwave mungkin tersehat karena waktu memasaknya singkat sehingga kerusakan nutrisi lebih sedikit. Penelitian menunjukkan memasak sayuran paling tepat dengan microwave. Brokoli misalnya, kandungan vitamin C-nya lebih optimal jika dimasak dengan microwave.

 

Bahan makanan yang dimasak dengan microwave bisa jadi kering, tapi bisa dicegah dengan menambahkan sedikit air sebelum dipanaskan. Pastikan Anda menggunakan tempat makanan khusus untuk microwave.

 

2-Merebus

Merebus itu cara mudah dan cepat. Anda perlu menambahkan air dan sedikit garam. Namun suhu yang tinggi dan jumlah air yang banyak bisa mengurangi jumlah vitamin larut air dan mineral dalam sayuran sampai 70%. Merebus lebih dianjurkan untuk wortel, brokoli, atau zucchini (mirip mentimun hijau).

 

3-Mengukus

Hampir semua jenis bahan makanan, mulai dari sayuran sampai ikan cocok dikukus. Dengan metode memasak ini rasa asli dan nutrisi makanan tetap terjaga.

 

4-Merebus dengan sedikit airf

Merebus dengan sedikit air (poaching) itu cara yang direkomendasikan untuk makanan seperti ikan, telur, atau buah.

 

5-Membakar

Ini metode pemasakan makanan ke dalam panas atau api dalam waktu singkat. Pembakaran adalah cara yang dianjurkan untuk memasak daging yang dipotong, seperti sate.

 

6-Memanggang

Memanggang itu cara yang dianjurkan agar rasa daging segar-empuk. Tapi beberapa riset menyebutkan cara memasak ini bisa meningkatkan risiko kanker pankreas dan kanker payudara. Memanggang di suhu tinggi menghasilkan reaksi kimia antara lemak dan protein daging sehingga menghasilkan toksin yang merusak keseimbangan antioksidan dalam tubuh. Ini pemicu diabetes dan penyakit kardiovaskular.
7-Menumis

Metode pemasakan ini hanya memerlukan sedikit minyak. Hampir sebagian besar bahan pangan cocok dimasak dengan cara ini.

 

8-Tidak dimasak

Pola makan makanan mentah (raw food) populer. Penganut pola makan ini mengklaim tersehat karena kandungan vitamin, mineral, serat, dan enzim dalam sayuran tidak akan hilang. Meski begitu riset menyebut mengasup makanan mentah membuat kita kehilangan likopen dalam tomat serta antioksidan dalam wortel atau bayam. (Lusia Kus Anna;  Bahan dari : http://lifestyle.kompas.com/read/2013/02/06/10010235/7.Metode.Memasak.Paling.Sehat)-FatchurR

One Response to Cara memasak yang benar agar sehat

  • Harry Reksosamudra says:

    Cara masak sayur/lauk yg terbaik adalah dg dikukus (tim), terutama buat masakan sehat dg ramuan herbal tradsionil Chinese spt ayam obat/kambing obat.
    Biasanya digunakan panci tim “double bowl” atss/bawah, tp hrs sering menambah air spy tdk kering, jk pakai panci kukusan terlalu besar boros gas elpiji, krn proses nya makan waktu panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita