logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cara Lebih Sehat di akhir pekan

Cara Lebih Sehat di akhir pekan (gayahidup.republika.co.id)-JAKARTA; Sepekan kerja panjang dan sibuk, mungkin Anda malas menerapkan sehat di akhir pekan. Penelitian menunjukkan perubahan perilaku gaya hidup akhir pekan berisiko tidur lebih buruk dan penambahan berat badan.

 

Jadi jangan biarkan akhir pekan merusak kesehatan Anda. Berikut 5 cara berakhir pekan yang lebih sehat seperti yang disiarkan di Live Science.

 

1-Jangan Tidur

Sabtu pagi, Anda mungkin ingin berbaring beberapa jam lebih lama. Hindari ini jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur keseluruhannya. Menurut National Sleep Foundation (NSF), tidur di akhir pekan dapat membuang jam internal tubuh Anda atau ritme sirkadian.

 

Ini membuat lebih sulit tertidur pada waktu tidur yang biasa dan sulit bangun pada waktu biasa Anda bangun ketika masuk minggu kerja. Yang terbaik menjaga konsisten waktu tidur dan bangun Anda. NSF tidak menyarankan memiliki waktu tambahan tidur lebih dari satu jam di akhir pekan.

 

2-Berolahraga setidaknya sekali

Jika hari kerja Anda terlalu sibuk untuk ber-OR, lakukanlah di akhir pekan. Hasil studi, Anda dapatn manfaat kesehatan serupa dengan yang pergi ke gym tiap hari. Peneliti memeriksa yang disebut ‘prajurit akhir pekan’, yang menjejalkan latihan setara seminggu jadi 1-2 dua sesi seminggu.

 

Peneliti menemukan pejuang OR akhir pekan yang memenuhi pedoman aktivitas fisik 30% lebih kecil kemungkinannya wafat karena apa pun selama periode studi 9 tahun, dibanding yang tidak ber-OR apa pun. Pedomannya direkomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang, atau 75 menit aktivitas kuat per minggu.

 

Bahkan orang yang tidak memenuhi pedoman aktivitas fisik, tetapi berolahraga satu atau dua hari seminggu, memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah daripada orang yang tidak berolahraga.

 

3-Bersosialisasi

Hasil penelitian psikolog di Jerman (2005), ketemu teman di akhir pekan baik untuk kesehatan dan membantu kinerja pekerjaan Anda. Peneliti menyurvei 87 karyawan dari perusahaan layanan medis darurat yang membantu merawat orang darurat (kecelakaan mobil) dan membawa mereka ke RS.

 

Para peserta menjawab kegiatan akhir pekan, kesehatan, dan kinerjanya setelah akhir pekan. Hasilnya  yang terlibat dalam lebih banyak kegiatan sosial selama akhir pecan, kesehatan keseluruhan yang lebih baik setelah akhir pekan, dibanding mereka yang sedikit terlibat di kegiatan sosial.

 

“Menghabiskan waktu dengan orang2 penting membangun kembali sumber daya [fisik dan emosional] yang terbayar setelah akhir pekan” tulis para peneliti. Ini mendukung penelitian yang menghabiskan waktu bersama orang lain dapat menjadi salah satu cara pulih dari tuntutan pekerjaan.

 

4-Kendalikan Kalori

Penelitian2 menemukan orang Amerika makan lebih banyak di akhir pekan. Kesenangan akhir pekan ini menambah berat badan. Penelitian 2008, 50 orang dewasa AS menimbang dirinya tiap hari (2-4 minggu) dan terus menimbang diri mereka berkala setahun dan mereka coba program penurunan berat badan.

 

Merekalacak makanan yang dimakan hingga peneliti dapat memperkirakan asupan kalorinya. Studi ini menemukan sebelum mereka mulai program penurunan berat badan, asupan makanan peserta tertinggi pada Sabtu. Mereka mengonsumsi 240 kalori lebih banyak pada Sabtu, dibanding hari kerja rata2.

 

Data dari penimbangan menunjukkan mereka menambah sedikit berat badan selama akhir pekan. Rata-rata, mereka berbobot 0,13 pon (0,06 kilogram) lebih banyak per hari selama akhir pekan, daripada yang dilakukan dihari kerja. Selama program penurunan berat badan, peserta berhenti menurunkan berat badan pada akhir pekan.

 

“Hasilnya efek buruk perilaku gaya hidup akhir pekan pada berat badan harian, dan menunjukkan asupan makanan yang lebih tinggi pada akhir pekan itu kontributor terbesar kenaikan berat badan akhir pekan atau penghentian penurunan berat badan,” kata para peneliti.

 

Hasil Studi lain (2003), rata2 orang AS mengonsumsi 82 kalori lebih banyak per hari pada akhir pekan (Jumat hingga Ahad) daripada hari kerja (Senin hingga Kamis). Orang2 usia (19-50) menunjukkan peningkatan terbesar, mengonsumsi rata2 115 lebih banyak kalori per hari pada akhir pekan daripada hari2 kerja. (Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah; Bahan dari : https://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/19/02/01/pm6l1s366-cara-menjadi-lebih-sehat-di-akhir-pekan)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita