logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cara efektif menghentikan Cegukan

cantik Cegukan(merdeka.com)-Cegukan sering datang secara tiba2 dan di saat yang paling tidak nyaman. Terkadang cegukan bisa datang saat kita dalam rapat penting, di dalam kendaraan umum, atau saat sedang beribadah.

 

Untuk itulah kita perlu cara sederhana yang efektif untuk menghentikan cegukan seperti cara berikut ini. Semuanya dilansir dari Readersdigest.

 

Tutup mulut
Cara paling mudah untuk menghentikan cegukan adalah dengan menutup mulut. Bertambahnya karbon dioksida akan membantumu menyingkirkan cegukan.

 

Menekan tapak tangan

Menekan telapak tangan dengan ibu jari tangan yang lain juga akan menghentikan cegukan. Sebabnya akan muncul ketidaknyamanan yang kemudian mempengaruhi sistem saraf untuk menyingkirkan cegukan yang terjadi.

 

Menahan nafas

Saat cegukan, cobalah menarik napas mendalam dan kemudian tahan. Ketika ada penumpukan karbon dioksida di paru2, diafragma akan jadi rileks yang kemudian membantu menyingkirkan cegukan.

 

Menjulurkan lidah

Ketika tidak ada orang di sekitar kita, julurkan lidah. Gerakan ini merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Kita akan bernapas lebih lancar dan kemudian memadamkan kejang yang menyebabkan cegukan.

 

Menutup teling
Menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan menutup telinga selama 20 – 30 detik. Selain itu, kita juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak.

 

Minum air
Ambil 9 – 10 teguk air untuk menghentikan cegukan. Sebab saat kita teguk minuman, kontraksi ritmik esofagus menimpa diafragma yang kejang sehingga cegukan bisa berhenti.

 

Terakhir, jika cara di atas tak efektif, kita bisa menggabungkan cara minum air sambil menahan napas. (feb; Febrianti Diah Kusumaningrum; Bahan dari :  https://www.merdeka.com/sehat/6-cara-sederhana-namun-efektif-untuk-hentikan-cegukan.html)-FatchurR

2 Responses to Cara efektif menghentikan Cegukan

  • Jenny Rijanto says:

    Trima kasih Cak atas artikel yang sangat bermanfaat ini karena sy sering melihat orang cegukan gak berhenti2 kl pas sambang di rmh sakit.jadi dng artikel ini bisa bermanfaat membantu mereka

  • Harry Reksosamudro says:

    Cegukan akibat proses kontraksi diorgan dada/tenggorokan yg datangnya tdk bisa diduga, jk berat kondisinya mmg ckp menarik perhatian sekitarnya, cara mengatasi ada berbagai macam yg bisa kita pilih mn yg terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita