logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Buah2an ini Solusi berbuka puasa Sehat

Buah2an ini Solusi berbuka puasa Sehat(health.detik.com)-Jakarta; Menu berbuka puasa biasanya tidak jauh2 dari teh manis dan/atau kurma. Lantas bolehkah memilih bahan makanan lain seperti buah2an sebagai menu berbuka puasa? dr AR Inge Permadhi, MS, SpGK dari FKUI-RS Cipto Mangunkusumo mengatakan, ini diperbolehkan.

“Misal ada yang nggak suka minuman manis, bisa digantikan dengan buah2 seperti semangka atau apel,” jelasnya kepada detikHealth baru2 ini.

Ditambahkan dr David Fadjar Putra, MS, SpGK, semua buah yang menyegarkan itu baik untuk berbuka, di antaranya melon, apel atau jeruk. “Tapi yang manis ya, jangan asam,” saran dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah-Pondok Indah ini.

 

Mengapa harus manis? Sebab buah ini digunakan untuk mengangkat gula darah tubuh yang menurun setelah berpuasa seharian. dr Maulana Suryamin, SpPD-KGH dari RS Persahabatan Rawamangun menjelaskan di antara 5 jenis rasa, yaitu manis, pedas, asam, asin dan gurih, rasa manis dianggap sebagai rasa ‘paling aman’ meningkatkan nafsu makan.

“Kalau nggak ada kurma, bisa sirup atau kolak,” paparnya. Tapi menurut dr Maulana, semua buah bisa dijadikan menu berbuka, tergantung selera. Praktisi gizi dari RSCM, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc mengingatkan, buah itu berfungsi makanan selingan atau pembuka sebelum mengonsumsi makanan utama. Karena kalorinya relatif rendah, sehingga tidak cocok dijadikan hidangan utama.

Dalam kesempatan terpisah, dr Inge mengungkapkan kalori yang dikandung buah rata2 40 kalori. Itu berarti menu ideal berbuka puasa tetaplah yang mengandung gizi seimbang, yaitu karbohidrat, protein, dan vitamin dari sayur / buah, bukan hanya buah saja atau nasi saja. (III; Vit; Muhamad Reza Sulaiman; Foto Ari Saputra; Bahan dari : https://health.detik.com/ulasan-khas/3228110/buah-buahan-ini-bisa-jadi-solusi-pas-buka-puasa-sehat )-FatchurR

3 Responses to Buah2an ini Solusi berbuka puasa Sehat

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Kebanyakan buah2an baik buat tubuh, jg sejalan dg teori modern, paradigma lama menyatakan buah dimkn sbg hidangan penutup setelah mkn nasi.
    Ternyata yg modern malah kebalikannya, buah dimkn sebelum mkn nasi, jadi tdk ada salahnya seblm ber buka, kita mkn buah dulu.

  • fatkhurr says:

    Awal berbuka nya dengan buah, atau makanan lain yang ber pH Basa, agar lambung tidak terlalu asam. Baru diikuti makanan lain. Itu kebiasaan saya

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Aman jalarane kulino cak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita