logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Berotot kuat lebih berpeluang panjang umur

badan kuat berotot (lifestyle.kompas.com)-Bagi yang banyak menghabiskan waktu ber-OR atau ke pusat kebugaran, aktivitas itu tak hanya membuat tubuh terlihat lebih baik dan sehat. Sebuah riset dari University of Michigan menemukan, tingkat kekuatan seseorang jadi faktor kunci maningkatkan masa hidup.

 

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Kate Duchowny menemukan, orang-orang dengan tingkat kekuatan otot lebih rendah memiliki risiko kematian 50 persen lebih besar ketimbang mereka yang memiliki otot kuat. “Menjaga kekuatan otot sangatlah penting untuk umur panjang dan membebaskan penuaan,” kata Duchowny pada Michigan News.

 

Secara spesifik, kekuatan genggaman adalah hal penting. Sebab, ini jadi faktor prediksi kesehatan dan panjang umur secara keseluruhan. Mungkin akan lebih efektif dari pengukuran yang sering digunakan, yakni massa otot. Faktor ini cenderung mudah diukur. Gunakan tes sederhana ketika pasien meremas¬† benda yang disebut “dynamometer” untuk mengukur kekuatan dalam kilogram.

 

Grup peneliti lain menemukan, kekuatan genggaman bisa jadi indikator kesehatan secara keseluruhan bagi semua umur. Tim peneliti University of Michigan menganalisa data yang dikumpulkan bagian dari studi kesehatan dari universitas itu. Sampel adalah representasi nasional dengan 8.326 pria dan wanita berusia (65) ke atas.

 

Tingkat kekuatan diukur dengan “cut-points”, dengan “kelemahan otot” diklasifikasikan sebagai kekuatan tangan kurang dari 39kg untuk pria dan 22kg (wanita). Peneliti menemukan 46% orang dalam data partisipan masuk klasifikasi “lemah” karena di bawah kriteria. Penelitian lain yang memiliki representasi partisipan lebih sedikit, menemukan 10-13% nya yang diklasifikasikan berotot lemah.

 

Penemuan itu membuat Duchowny dan timnya menekankan pentingnya mengukur kekuatan genggaman bagi dokter dan pasien, bahkan sebelum mereka menunjukkan indikator kesehatan terkait usia. Mengetahui kekuatan genggaman jadi intervensi awal untuk rutinitas perawatan, yang bisa membuat hidup seseorang lebih panjang.

 

“Kami percaya cut-points lebih akurat merefleksikan tren perubahan populasi lansia di AS dan otot lemah harus serius di bidang kesehatan”. Tetaplah jaga kesehatan di usia berapapun dengan latihan kekuatan. Jika kita spesifik dengan kekuatan genggaman, lakukan OR menggerakkan lengan bawah. Intinya, teruslah aktif bergerak karena aktivitas membuat kita hidup lebih panjang dan lebih baik.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Mereka yang Punya Otot Kuat Lebih Berpeluang Panjang Umur”, Penulis : Nabilla Tashandra; Editor : Wisnubrata; Bahan dari : Menshealth dan https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/01/104218920/mereka-yang-punya-otot-kuat-lebih-berpeluang-panjang-umur)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita