logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

Berisiko koma-komplikasi jika gula darahnya turun drastis

Jakarta, Gula darah yang turun drastis dapat menyebabkan pasien diabetes berbahaya. Risikonya, pasien koma hingga komplikasi penyakit jantung. Dikatakan Prof Achmad Rudijanto, SpPD-KEMD, Ketua Perkeni, gula darah rendah atau hipoglikemia bahayanya signifikan. Hipoglikemia dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran.

“Kalau glukosa rendah kesadaran bisa hilang. Dalam kasus akut, artinya terjadi kemarahan secara tiba-tiba, pasien bisa koma,” tutur Prof Rudi. “Untuk jangka panjang, komplikasinya di pembuluh darah dan jantung. Risikonya pasien seranganan jantung meningkat,” papar Prof Rudi, ditemui usai konferensi pers Simposium Nasional Hari Diabetes Sedunia di Hotel Mandarin Oriental, Jakpus (14/11/15).

Dijelaskan Prof Rudi, dari penelitian terbaru ada 20-30% pasien diabetes yang mengalami hipoglikemia. Sayangnya, 30% di antara mereka yang mengkhawatirkan kondisi ini. Sisanya menganggap hipoglikemia bukan kondisi berat dan tidak mengancam nyawa. “Ketika hipoglikemia orang biasanya nambah makan, dan dosis obat tetap. Saat ke dokter gulanya tinggi padahal habis makan. Dosis obat dinaikkan, akhirnya hipoglikemia lagi. Terus saja seperti itu,” tambahnya.

Hipoglikemia terjadi ketika glukosa dan produksi insulin meningkat. Hal ini membuat tidak adanya proses metabolisme yang menghasilkan energi sehingga pasien mengalami rasa lelah, lemas dan kehilangan kesadaran. Gejala yang muncul pada hipoglikemia : Rasa lapar, lemas dan jantung berdebar. Gejala ini muncul pada hipoglikemia ringan dan bisa ditangani dengan mengonsumsi karbohidrat.

Hipoglikemia berat, gejala umum adalah rasa ngantuk berat. Jika ini terjadi, pasien wajib mengonsumsi karbohidrat dan disarankan menemui dokter. (mrs/lll;

http://health.detik.com/read/2015/11/14/141243/3071115/763/gula-darah-turun-drastis-pasien-diabetes-berisiko-koma-hingga-komplikasi)-FatchurR

————–

Deretan obrolan kesehaatan lainnya, silahkan monggo :

1-         Jalan kakiitu sehakah?

2-         Apa Yang Terjadi Jika Anda Minum Air Kelapa Dalam 7 Hari?

3-         Kayu manis vs kencing manis

—————

 

Jalan kaki itu sehakah?
Apa yang Akan Terjadi Pada Tubuh Ketika Berjalan Selama 1 Jam?
Tak sedikit yang menganggap jalan kaki adalah aktivitas biasa2 dan tidak berpengaruh pada kesehatan. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang memiliki banyak dampak positif dan menyehatkan.

 

Jalan kaki juga merupakan salah satu aktivitas yang banyak berpengaruh pada seluruh tubuh. Dikutip dari laman prevention.com, setidaknya ada 5 hal umum yang terjadi pada tubuh ketika seseorang berjalan. Hal tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1 Sampai 5 Menit Pertama
Saat kita berjalan pada menit ke 1 hingga 5 menit pertama, tubuh mengalami pelepasan bahan kimia yang nantinya bisa menghasilkan energi dalam sel tubuh. Di menit 1 hingga 5 ini, denyut jantung akan meningkat menjadi 70 hingga 100 denyut permenit (bpm).

 

Peningkatan denyut jantung ini, meningkatkan aliran darah dan menyebabkan  pemanasan pada otot. Di menit pertama ini, tubuh akan membakar lima kalori per menit. Meski hanya berjalan sebentar, hal ini sangat baik untuk kesehatan Ladies. Jangan malas untuk berjalan atau bergerak ya.

6 Sampai 10 Menit
Pada menit ke 6-ke 10, denyut jantung pada angka 70 – 100 bpm akan meningkat hingga 140 bpm. Tak hanya 5 kalori, tubuh akan membakar setidaknya 6 kalori per menitnya. Aliran darah akan meningkat dan membawa lebih banyak darah dan oksigen ke dalam otot tubuh. Tahap ini, tubuh mulai bisa menyesuaikan diri dan membuatnya menjadi lebih nyaman.

11 Sampai 20 Menit
Pada menit ke 11-ke 20, panas dan suhu tubuh terus meningkat. Tubuh juga akan mulai berkeringat akibat adanya penyebaran pembuluh darah di dekat kulit yang secara perlahan melepaskan panas. Pada menit ini, tubuh akan membakar kalori lebih banyak yakni sebesar 7 kalori per menit.

 

Kamu pun akan bernafas cukup cepat dan keras. Denyut jantung pun juga akan berdenyut semakin cepat dari sebelumnya. Hormon seperti epinerfrin dan glukagon sendiri akan terus meningkat untuk melepaskan bahan bakar pada otot tubuh.

21 Sampai 45 Menit
Pada menit inilah, akan terasa lebih bugar dan segar. Kita mulai santai saat berjalan dan tak lagi kelelahan seperti menit-menit sebelumnya. Kita bisa mulai lebih rileks karena dosis bahan kimia seperti endorfin pada otak.

 

Pada menit ini, kalori tubuh yang terbakar makin meningkat. Keringat yang keluar dari tubuh juga akan semakin banyak. Mimpi untuk mendapatkan tubuh sehat, bugar dan berat badan ideal pun bisa dengan mudah di dapat dengan aktivitas berjalan selama 1 jam setiap hari.

46 Sampai 60 Menit
Pada menit ke 46-ke 60, otot tubuh merasa lelah. Hal ini terjadi karena tubuh mulai kehilangan kalori dan kekurangan karbohidrat. Jangan khawatir, pada menit ini, cobalah istirahat, denyut jantung akan melemah dan nafas normal seperti sebelum jalan. Hanya perlu biasakan diri jalan kaki lebih lama dan lebih konsisten mendapatkan jalan kaki yang nyaman dan pastinya bisa membuat tubuh makin sehat.

Mulai sekarang, cobalah lebih menyukai aktivitas jalan kaki karena hal ini baik. Selain sangat sehat, jalan kaki juga sangat mudah dilakukan, tidak ribet dan juga tidak mahal. (DR. Frans Soetanto-A69)

————–

 

Apa Yang Terjadi Jika Anda Minum Air Kelapa Dalam 7 Hari?
Bnyak org mengklaim bhw air kelapa memiliki efek magis pd ksehatan kt. Anda mungkin prnah mendngar ttg minyak kelapa & bbrp manfaat yg di tawarkannya.
Namun pernahkah anda minum air kelapa slm 7 hr brturut2?

Air kelapa sangat baik untuk kesehatan tubuh jika di minum rutin & anda akan segera merasakan khasiatnya. Ajaibnya, air kelapa & plasma darah dalam aliran darah manusia memiliki struktur yg mirip. Hal ini di buktikan dgn penggunaan air kelapa sbg pengganti darah saat zaman perang di masa lalu & dgn cara ini bnyak nyawa manusia terslamatkan.

Hari2 ini air kelapa di gunakan di seluruh dunia, & Anda dapat mnemukannya di brbagai pasar di lingkungan Anda. Mungkin rasa airnya tidak lagi segar, tapi daya detoksifikasi & manfaat kesehatan lainnya dr air kelapa tdk di ragukan.

Air kelapa memperkuat sistem kkebalan tubuh & menghilangkan bakteri yg menyebabkan infeksi saluran kemih, gonore, penyakit gusi & virus yg menyebabkan flu, infeksi brbagai penyakit & tifus.

Air kelapa dpt mningkatkan energi & produksi kelenjar tiroid hormon. Air kelapa brtindak sbg diuretik alami & sgt membantu bg org yg memiliki penyakit ginjal. Ini a/membantu membersihkan saluran kemih & saluran kandung kemih. Brkhasiat menghilangkan racun & membantu memecah batu ginjal.

Air kelapa mengandung jumlah serat yg tinggi, shg sgt baik u/pencernaan. Mengkonsumsi air kelapa secara teratur a/membantu mengeliminasi asam lambung.

Krn air kelapa rendah lemak, Anda dpt meminumnya dlm jumlah banyak. Air kelapa a/mengurangi nafsu mkn krn stlh meminumnya anda akan merasa kenyang, jadi secara tak langsung membantu penurunan berat badan.

Cobalah basahi kapas atau kain dgn air kelapa & letakkan pd kulit jika Anda memiliki jerawat, kulit berminyak atau kering. Air kelapa akan membuat kulit lebih bersih & segar, & pori2 akan terbuka. Campur air kelapa dgn minyak zaitun u/membrsihkan pencernaan & menghilangkan parasit usus.

Para ahli mengklaim bhw air kelapa juga membantu mengatasi beberapa masalah ksehatan selama

khamilan. Dgn hanya satu cangkir air kelapa Anda akan menyeimbangkan elektrolit, sehingga Anda akan terhindar dr hipertensi atau jg di kenal sbg tekanan darah tinggi.

Ketika org trlalu bnyak minum (mabuk) spanjang mlm, mrk srg mengalami sakit kepala di pagi hari. Minumlah air kelapa u/menghilangkan sakit kepala & mengganti cairan yg hilang dlm tubuh serta mengatasi penyakit yg di sb kan dr mabuk.

Jika ingin kulit cerah & terlindungi sepanjang hari, minumlah satu glas air kelapa. Jika khilangan terlalu banyak energi dengan aktifitas fisik yg melelahkan, Anda dapat memulihkan energi drngan air kelapa. Air kelapa akan memberikan efek positif pd setiap bagian tubuh yg lelah.

Air kelapa kaya anti oksidan shg membantu sistem kekebalan tubuh yg kuat, meningkatkan energi, keamanan dr bakteri & infeksi, penurunan berat badan & bnyak manfaat lainnya.

Bila sering keram otot, minumlah air kelapa secara teratur. Karena kandungan kalium pada kelapa yg tinggi, air kelapa cepat menyembuhkan keram. Bahkan lebih baik daripada pisang. Karena bentuknya yg cair shg mudah di serap tubuh. Sangat di sarankan untuk yang sering keram saat tidur atau OR. (DR. Frans Soetanto-A69)

————-

 

Kayu manis vs kencing manis
Ini kesaksian seorang teman. Gratis. Begini kesaksiannya: “Saya keturunan dari orang tua penderita diabetes. Sudah lama mengkonsumsi “Rebusan/Godokan Kayu Manis” Awalnya saya minum seperlunya, karena tujuannya untuk kesembuhan batuk saya.

Suatu saat saya baca brosur ” Sirup Kayu Manis” di apotek, salah satu faedahnya menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan stamina pria. Karena saya pernah minum rebusan kayu manis sebelumnya, maka saya minum lagi lebih sering. Hasilnya memuaskan. Tes gula terakhir tgl 29 Juli 2014 (tanpa puasa), hasilnya 93 !

Saya sarankan ke kawan2 yang sedang naik (400) dibulan puasa 2014 ini, beliau minum saat sahur dan saat buka, dalam tempo 3 hari turun ke 155. Sekarang keluarga dan teman-teman yang keturunan sakit gula sudah mengkonsumsi itu. Hasilnya mereka merasakan lebih segar dan merasa lebih bertenaga.

Kalau mau coba, ini caranya:
1. Sediakan 3-4 batang kayu manis kering (perbatang sebesar telunjuk).
2. Air putih biasa 1 liter (dapat dijadikan 2,5 gelas)

3. Kayu Manis direbus dengan air biasa sampai mendidih dan mengeluarkan warna merah, kecilkan apinya, rebus lagi agak lama agar lebih merah airnya.
4. Angkat dan tuangkan dalam gelas minum hangat-hangat. Tidak perlu tambahan apa-apa.

5. Rebusan dapat diulang dan ditambahkan air dengan menambahkan kayu manis 1 batang saja.
Bau awal rebusannya agak kuat tapi wangi, rasanya seperti teh tawar.
Konsumsi 2 x sehari (bangun tidur dan mau tidur) untuk penderita yang agak tinggi.

Bila sudah turun, untuk tetap mempertahankan / stabilisasi, cukup 1 gelas saat mau tidur malam. (Budiono-A72; dari grup WA sebelah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita