logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Berbahaya jika minum Vitamin terlalu banyak(2/2)

Kelebihan Vit-C

kelebihan vitamin cMakanan yang mengandung vitamin C biasanya kaya antioksidan yang dapat melindungi sel2 tubuh Anda dari bahaya radikal bebas. Namun, terlalu banyak vit-C juga berbahaya bagi Anda, walau vit-C termasuk jenis vitamin larut air.

 

Batas aman konsumsi vit-C 2.000 mg. Jika Anda mengonsumsinya lebih dari jumlah ini, maka Anda bisa mengalami muntah, heartburn, sakit kepala, insomnia dan batu ginjal. Konsumsilah vit-C tidak lebih dari 1000 mg, dari makanan dan suplemen. Konsumsi lebih dari 1000 mg sudah dapat menyebabkan diare.

 

Kelebihan Vitamin A

Vit-A sangat berperan dalam penglihatan, dan untuk kesehatan kulit, gigi, dan tulang. Tetapi, terlalu tinggi konsumsi vit-A dapat menyebabkan masalah, seperti mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, kelelahan, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, koordinasi otot yang buruk, nyeri tulang, gatal, rambut rontok, menstruasi tidak teratur, osteoporosis, dan kerusakan hati.

 

Kelebihan vitamin A dalam tubuh juga biasa dikenal dengan nama hipervitamin-A. Penyakit ini mempunyai gejala, seperti rambut rontok, kerusakan hati, perdarahan, koma, dan bahkan kematian. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa suplemen tinggi vitamin A dapat meningkatkan risiko kanker paru2, dan penyakit jantung. Batas aman konsumsi vit- A : 3.000 mg

 

Kelebihan zat besi.

Anda akan mengalami anemia jika Anda kekurangan asupan zat besi. Namun, terlalu banyak asupan zat besi tidak  baik bagi tubuh. Zat besi yang tidak digunakan tubuh akan menumpuk dalam tubuh dan bisa menyebabkan keracunan.

 

Terlalu banyak konsumsi suplemen zat besi menyebabkan perubahan warna kulit, pembesaran hati dan limpa, sakit perut, gagal jantung kongestif, detak jantung tidak teratur, dan diabetes mellitus tipe 1.

Kebutuhan zat besi tiap orang beda2. Batas aman asupan zat besi : 20mg/kg berat badan.

 

Lebih dari batas ini, Anda bisa mengalami sakit perut, muntah-muntah, napas lebih cepat, kerusakan organ, koma, bahkan kematian. Sebaiknya, konsumsi zat besi tidak lebih dari 45 mg per hari. (Arinda Veratamala; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bahaya-minum-vitamin-terlalu-banyak/)-FatchurR * Tamat………

One Response to Berbahaya jika minum Vitamin terlalu banyak(2/2)

  • Harry Reksosamudra says:

    Setelah kita tahu hal hypervitaminosis, sebaiknya minum vitamim jangan dengan dosis maksimal yg bisa diketahui pd kemasannya. Juga ada vitamin yg bisa diproduksi oleh tubuh, ini jg perlu diketahui, sebab jk berlebih mk dlm jangka lama bisa mengakibatkan kemampuan produksinya menurun, bahkan macet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita