Benjolan Ketiak

Benjolan di KetiakSaya memiliki pertanyaan berkaitan dengan kondisi saya. Saya seorang wanita berusia 29 tahun, dan di area ketiak kanan saya ada benjolan seperti gumpalan lemak yang sebenarnya sudah saya miliki sejak kecil. Benjolan ini tidak terasa sakit namun sangat mengganggu dan semakin lama terlihat semakin membesar. Jika tangan saya luruskan ke bawah, benjolan tampak seperti lipatan daging.

Apakah benjolan ini berbahaya dan perlu diangkat? Apakah mungkin hal ini karena saya terlalu gemuk, Dok? Tinggi badan saya 158 cm dan berat badan saya 59 kg. Selain itu, apakah mungkin hal ini karena menstruasi saya yang sempat terhenti beberapa tahun sehingga saya perlu mengkonsumsi obat seperti progynova? Bisakah benjolan hilang tanpa operasi? Terima kasih saya ucapkan sebelumnya, Dok.

Jawab: Selamat siang Rosdiana,

Benjolan yang Anda alami dikenal dalam dunia medis sebagai tumor. Jenis tumor tentunya ada yang jinak dan ada pula yang ganas.

Penyebab benjolan yang timbul di ketiak seseorang biasanya adalah karena pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran dapat terjadi karena adanya infeksi di sekitar tempat munculnya benjolan, termasuk di area tenggorokan atau pun paru-paru.

Selain akibat pembesaran kelenjar getah bening, benjolan bisa juga hanya merupakan lipoma atau lemak seperti yang Anda curigai. Namun, hal ini sayangnya tidak dapat dipastikan langsung tanpa Anda memeriksakan terlebih dahulu diri Anda ke dokter spesialis yang dalam hal ini sebaiknya adalah dokter kandungan.

dr. Fresia Juwitasari Wongkar, yang berpraktek di Jakarta

Sumber : www.meetdoctor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita