logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Benarkah Kecemasan penyebab Anoreksia Nervosa(1/2)

Kecemasan penyebab Anoreksia Nervosa(hellosehat.com)-Anoreksia (bahasa Yunani berarti kehilangan nafsu makan) dan nervosa asal dari kata Latin berarti adanya gangguan dari sistem saraf.  Jadi, sederhananya anoreksia nervosa itu gangguan saraf yang membuat seseorang tidak nafsu makan.

 

Penyebab anoreksia nervosa pada pasien cukup sulit ditentukan karena faktornya banyak. Tapi, banyak yang percaya perasaan cemas berlebihan bisa jadi salah satu penyebab anoreksia nervosa. Lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

 

Ciri2 Anoreksia Nervosa

Berdasar buku Pedoman Penggolongan Diagnostik Gangguan Jiwa (PPDGJ), ada kriteria2 agar seseorang dikatakan anoreksia. Ciri khasnya sengaja mengurangi berat badan, terus2an, dan cukup ekstrem. Namun, untuk mendapatkan diagnosis yang pasti, pasien harus memenuhi kriteria2 berikut ini.

 

1-Berat Badan selalu berkurang

Berat badan yang selalu 15% di bawah normal bisa jadi gejala anoreksia. Penderita praremaja bisa saja gagal mencapai berat badan yang diharapkan selama periode pertumbuhan. Berkurangnya berat badan disengaja dengan menghindari makanan mengandung lemak. Pasien mungkin memuntahkan makanan, pakai obat pencahar, OR berlebihan, memakai obat penekan nafsu makan dan / atau obat diuretik.

 

2-Punya Citra tubuh yang negatif

Pasien anoreksia nervosa mungkin berpandangan negatif terhadap tubuhnya sendiri, merasa diri gemuk padahal kurus. Hal ini disebut Citra Tubuh atau body image yang tidak sehat. Pasien juga mungkin terus2an dihantui pikiran bahwa berat badannya akan bertambah atau tubuhnya menggemuk.

 

3-Gangguan system reproduksi

Pada wanita, anoreksia nervosa bisa menyebabkan Amenore (haid berhenti) karena kadar hormon tubuh tidak seimbang. Pria dan wanita dengan anoreksia nervosa mungkin kehilangan gairah seksual.

 

Pada anak/remaja, anoreksia nervosa berisiko pubertas tertunda atau terhenti. Akibatnya, remaja perempuan mungkin payudaranya tidak tumbuh dan tidak kunjung mengalami mennstruasi pertama. Remaja laki2 mungkin mengalami gangguan yaitu penis tetap kecil, tak berkembang seperti seharusnya.

 

Faktor2 penyebab Anoreksia

Penyebab anoreksia nervosa cukup rumit dan banyak faktor. Anda bisa saja mengalami anoreksia nervosa karena punya beberapa faktor penyebab sekaligus.

 

1-Pakar Biologis

Pasien anoreksia nervosa, ada gangguan pada hormon norepinefrin dan MPHG yaitu produk akhir dari norepinefrin pada urine dan cairan serebrospinal. Adanya gangguan pada serotonin, dopamin, dan norepinefrin juga menyebabkan masalah pola makan. Semua kelainan hormon dan zat kimia penyebab anoreksia ini diatur diotak. Karena itu, pasien anoreksia bermasalah serius pada stuktur biokimia di otak.

 

2-Faktor Sosial

Umumnya pasien yang anoreksia nervosa bermasalah dalam hubungan dengan ortu, orang2 terdekat, dan bisa semakin dipicu oleh kurangnya rasa empati di keluarga. Faktor sosial lain : Obsesi masyarakat modern pada bentuk tubuh wanita ramping. Obsesi ini terus2an ditanamkan khususnya perempuan muda, misalnya lewat media massa.

 

3-Faktor Psikologis

Anoreksia nervosa bisa dipicu faktor psikologis, misalnya Trauma. Contoh, remaja putri yang pernah di-olok2 atau di-bully karena bertubuh berisi bisa mengembangkan masalah makan hingga berujung anoreksia. Juga kalau dalam keluarganya, anak dituntut tampil sempurna dengan tubuh ramping. (Harry Rekso-A61; sumber : Dr. Ivena; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/kecemasan-penyebab-anoreksia/)-FatchurR * Bersambung………

One Response to Benarkah Kecemasan penyebab Anoreksia Nervosa(1/2)

  • Harry Reksosamudra says:

    Anoreksia nervosa, bagi yg punya anak remaja hrs benar2 mengawasi prilakunya yg nampak jelas dlm kesehariannya. Perubahan sikap atas kebiasaan rutin bisa ber macam2 tp umumnya yg paling mencolok dr asupan mknan, ogah2an mkn yg biasanya mrk bgt lahap terus menurun gairahnya. Hrs dicari tahu penyebabnya jk dlm lingkungan keluarga, lbh mudah mengatasinya.
    Tp jk penyebabnya dr luar keluarga, ini yg perlu diadakan penyelidikan entah dibully teman2nya, kaitan dg studinya, dll. Jika berkepanjangan bahkan bisa sp seumur hidup, ya kesehatan tubuh dan kejiwaannya akan amat merugikan masa depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita