logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Batas Konsumsi Kopi Yang Ramah Jantung

Batas Konsumsi Kopi Yang Ramah Jantung(republika.co.id)-JAKARTA; Menyeruput secangkir kopi di pagi hari memberi kesegaran ekstra sebelum beraktivitas. Kopi juga kerap dikonsumsi siang atau sore hari menghilangkan kantuk dan menambah konsentrasi saat bekerja. Namun, amankah mengonsumsi banyak kopi untuk kesehatan jantung?

 

Beragam studi membuktikan bahwa meminum kopi dapat memberi manfaat dalam meningkatkan fokus dan produktivitas. Namun seperti halnya makanan dan minuman lain, tentu ada batasan yang harus diperhatikan ketika mengonsumsi kopi.

 

Dalam jangka pendek, konsumsi terlalu banyak kopi memicu terjadinya sakit kepala atau mual. Konsumsi terlalu banyak kopi yang berlangsung konsisten juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaksular. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi juga perlu diperhatikan batasannya.

 

Berdasar studi yang menganalisis data dari 347.077 partisipan, risiko penyakit kardiovaskular mulai meningkat bila seseorang terbiasa mengonsumsi 6 cangkir kopi atau lebih per hari. Dalam studi yang dimuat pada The American Journal of Clinical Nutrition ini, satu cangkir kopi setara 75 miligram kafein.

 

“Sebagian besar orang setuju dengan pernyataan, bila Anda minum terlalu banyak kopi, Anda dapat merasa gelisah, mudah tersinggung atau bahkan (mual),” ungkap salah satu peneliti Prof Elina Hypponen seperti dilansir Medical News Today.

 

Di sisi lain, Hypponen juga menyoroti konsumsi kafein berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan membuat risiko penyakit kardiovaskular meningkat.

 

Orang2 yang suka meminum kopi pada dasarnya tetap bisa menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah selama meminum kopi berjumlah yang tidak berlebih. Agar jantung dan tekanan darah tetap sehat, sebisa mungkin pastikan bahwa konsumsi kopi dalam satu hari tidak melebihi enam cangkir.

 

“Berdasarkan data kami, enam cangkir merupakan titik kritis di mana kafein mulai memberi pengaruh negatif terhadap risiko kardiovaskular,” kata Hypponen. ((Rep: Adysa CR/ Red: Dwi Murdaningsih; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/prqj5p368/berapa-batas-konsumsi-kopi-yang-ramah-jantung)-FatchurR *

One Response to Batas Konsumsi Kopi Yang Ramah Jantung

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Rupanya minum kopi sudah jd habitat sy, krn sp usia hampir kadaluarsa, ternyata tubuh tdk terpengaruh spt yg disebut artikel ini. Minum kopi sesaat sblm mau tidur jg demikian, jika sdh ngantuk ditidurkan ya bisa pulas meski baru minum kopi, tp jng ditahan kantuknya yg justeru ini bisa bikin jd lama berkepanjangan jk mau ditidurkan, lama pulasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita