logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Bahaya kebiasaan Menahan Kentut Yang Patut Diwaspadai

Bahaya kebiasaan Menahan Kentut Yang Patut Diwaspadai (m.tribunnews.com)-Sebagian orang tentu malu jiika kedapatan kentut di depan umum. Tak jarang orang memilih menahan kentut dibanding dapat malu. Namun tahukan anda jika menahan  kentut  berakibat fatal bagi tubuh?

 

Dilansir Grid.ID dari Mirror.co.uk di laporkan menahan kentut berakibat buruk bagi kesehatan dan dapat menyebabkan gas tersebut keluar dari mulut. Professor Clare Collins seorang ahli nutrisi dan diet dari Universitas Newcastle menyatakan menahan kentut dapat menyebabkan penggembungan di area perut.

 

Akibatnya gas ini diserap kembali oleh tubuh dan dikeluarkan via mulut. Jika usaha menahan  kentut  adalah usaha sia-sia. “Menahan kentut terlalu lama berarti mengumpulkan gas tersebut dan tentunya akan menyebabkan  gas  yang keluar tidak terkontrol,” ungkapnya.

 

Professor Clare Collins menyebutkan kebiasaan buruk itu juga bisa menyebabkan kondisi yang disebut divertikulitis. Divertikulitis adalah kondisi dimana adanya kantong kecil yang tumbuh di lapisan usus yang bisa menimbulkan peradangan.

 

Dia menyatakan bahwa perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait hal itu. Kentut dapat dihasilkan dari berbagai hal. “Dari karbon dioksida yang diproduksi saat perut mencerna asam dengan bicarbonat ,” tambahnya.

 

Professor Clare Collins berpesan jika kita ingin kentut di tempat umum sebaiknya kita ke toilet agar tidak malu. Jika tidak memungkinkan, cukup keluarkan saja. (Ilustrasi buang angin alias kentut. ; iStockphoto; Bahan dari Penulis: Grid Network ; Sumber Grid.id dan http://m.tribunnews.com/kesehatan/2019/04/11/inilah-bahaya-dari-kebiasaan-menahan-kentut-yang-patut-diwaspadai)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita