logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Bahaya jika serangan Stroke tidak langsung ditangani

Bahaya jika serangan Stroke tidak langsung ditangani(m.merdeka.com/sehat)- SERANGAN stroke merupakan gangguan fungsi otak yang membahayakan nyawa. Hal ini terutama terjadi jika tak dilakukan penanganan tepat.

 

Biasanya serangan stroke ini mendadak dan dapat berlangsung 24 jam atau lebih. Ketika serangan ini telat ditangani, seseorang bisa mengalami penyempitan hingga pembuluh darah yang pecah.

 

“Jika tak dikendalikan atau diobati dapat memperburuk dan terjadi penyempitan atau pecah pembuluh darah,” kata spesialis saraf Dewanta. “Segera bawa ke RS terdekat dan diutamakan (rumah sakit) yang punya dokter spesialis saraf juga fasilitas unit stroke. Waktu yang tepat akan menyelamatkan otak, ungkap dokter spesialis saraf Dewanta dalam keterangan pers ke Health Liputan6.com.

 

Anda harus memerhatikan gejala awal stroke berupa kantuk berat atau hilang kesadaran, pusing, kesemutan, dan baal (mati rasa) separuh badan. Gejala lain, gangguan penglihatan satu atau dua mata.

 

Itu serangan awal stroke, ujar Dewanta, yang se-hari2 praktik di Siloam Hospitals Bogor. Pertolongan yang akurat dan cepat harus segera untuk menghindari kematian atau kecacatan. Setiap menit keterlambatan pertolongan bertujuan otak tidak kekurangan darah. Kalau terlambat berarti 1,9 juta sel otak dan serabut otak akan mati.

 

Kecenderungan stroke juga dipicu faktor keturunan atau genetik. Pada kasus2, stroke yang dialami anak-anak atau remaja. Biasanya karena ada arteri vena malformasi atau aneurisma berupa kelainan pembuluh darah otak. Faktor lain pemicu stroke : Kegemukan (obesitas), stres, merokok, alkohol, dan pola hidup tidak sehat. Semua bisa dikendalikan dengan pola hidup sehat.

 

Agar terhindar stroke, hentikan kebiasaan merokok, konsumsi makanan sehat (rendah lemak jenuh dan kolesterol), menambah asupan kalium dan mengurangi natrium. Makan buah2an dan sayuran. Olahraga cukup dan teratur beraktivitas fisik yang bernilai aerobik (jalan cepat, bersepeda, berenang) teratur minimal 30 menit dan minimal 3 kali seminggu, Dewanta menambahkan.

 

Berat badan diturunkan atau dipertahankan sesuai berat ideal dengan basal metabolik indeks (BMI), yakni kurang dari 25kg/m2, garis lingkar pinggang kurang dari 80 cm wanita, dan garis lingkar pinggang kurang dari 90cm pada pria. (Reporter: Fitri Haryanti Harsono; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : Liputan6.com dan https://m.merdeka.com/sehat/bahaya-yang-bisa-terjadi-jika-serangan-stroke-tak-langsung-ditangani.html )-FatchurR *

One Response to Bahaya jika serangan Stroke tidak langsung ditangani

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Artikel ini sdh memberikan penjelasan ihwal awal tanda2 serangan stroke, termasuk juga penyebabnya, serta bagaimana pencegahannya. Ini penting mendapat perhatian serius dg mengingat baik gejalanya shg bisa mengantisipasinya sebelum terjadi, terpenting adlh hidup relax, krn semua penyakit diakibatkan pola berpikir yg serba kompleks tp tanpa solusi, hindarilah mk segala sesuatunya akan jd baik terutama dlm lingkungan keluarga maupun pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita