logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Anak Ngompol-Ini Cara Menghentikannya

Anak Ngompol-Ini Cara Menghentikannya (jatim.sindonews.com)-JAKARTA; Kebiasan si kecil buah hati ngompol jadi penyebab utama rasa malu bagi anak2 dan membuat orang tua khawatir. Mengompol bisa menjengkelkan jika anak berusia lima tahun, mulai pergi ke sekolah dan masih mengompol.
Istilah medis ngompol malam : Inkontinensia yang didefinisikan buang air kecil tak disengaja pada anak2 usia 5 tahun atau lebih. Itu mengganggu tidur anak, dan membuat mereka rewel dan melelahkan Anda. Untuk membantu menghadapi tantangan ini, seperti dilansir Times Of India, ada hal2 yang harus diingat agar sang buah hati tak mengompol.

1-Batasi asupan sebelum tidur

Jika ingin anak2 memiliki malam yang bebas keributan, cobalah dan batasi asupan cairan sebelum tidur. Anda dapat menggeser asupan cairan lebih awal di hari itu dan menguranginya di paruh kedua.

2-Atur waktu ke kamar mandi

Penting agar Anda menjadwalkan waktu buang air kecil tepat waktu untuk anak, idealnya setidaknya 2-3 kali sebelum tidur. Selalu pastikan anak Anda menggunakan kamar mandi tepat sebelum tidur.
3-Hadiah

Jika anak Anda mengompol, penting memberi dukungan padanya dan memahami ini proses yang tidak disengaja. Anda dapat membuat bagan kotak dan memberi anak Anda stiker (wajah tersenyum atau binatang pilihannya) pada hari2 “tanpa ngompol”. Anda bisa memberinya sedikit hadiah jika mendapat smiley 10 hari ber-turut2. Ini akan memberi mereka dorongan semangat yang dibutuhkan.
4-Jangan dimarahi

Orang tua harus ingat apapun yang terjadi, jangan salahkan anak karena mengompol. Memarahi atau marah akan menambah tekanan pada anak. Jangan membuat masalah besar dari seluruh situasi dan meyakinkan bahwa mereka tidak sendirian dalam hal ini.
5-Bantuan dokter

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui masalah dan memahami apa yang terjadi dengan anak Anda. Sering kali stres atau kondisi medis tertentu dapat memicu masalah ini.
6-Alarm mengompol

Jika gagal, Anda dapat pilih alarm mengompol yang dapat mengganggu tidur anak Anda dan melatih otak untuk mengendalikan kandung kemih. Pastikan anak menghindari makanan-minuman yang dapat mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan sering buang air kecil. Di antaranya makanan pedas, buah dan jus jeruk, cokelat, tomat, dan produk2 berbasis tomat, dll.
(nth; Tedy Ahmad; Bahan dari : https://jatim.sindonews.com/read/11585/3/anak-masih-ngompol-begini-cara-hentikannya-1560589597)-FatchurR *

One Response to Anak Ngompol-Ini Cara Menghentikannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita