ratusan bunga mekar bersama

akibat kurang tidur (1health.id)- Tidur itu aktivitas penting bagi tubuh. Karena saat tidur akan terjadi perbaikan sel-sel tubuh yang rusak karena seharian beraktivitas. Untuk itu sangat bagus bagi seseorang untuk mencukupi kebutuhan tidur setiap hari.

 

Karena, saat seseorang kurang tidur maka akan banyak kerugian bagi tubuh. Dan pastinya hak itu akan menganggu aktivitas Anda di keesokan hari bahkan mengancam kesehatan Anda. Tiap hari seseorang sebaiknya tidur 7 hingga 8 jam. Berikut ini beberapa akibat yang akan terjadi bila Anda kurang tidur.

 

1-Tidak fokus

Tidur memiliki peranan penting dalam proses berpikir dan belajar. Oleh karena itu, kurang tidur bisa menganggu proses kognitif. Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka Anda akan kurang fokus dan kesulitan untuk mengingat sesuatu yang telah dipelajari atau dialami sehari-hari.

 

2-Penuaan kulit

Kurang tidur juga bisa berdampak pada kesehatan kulit. Saat Anda kurang tidur, maka kulit akan mengalami penuaan yang akan membuat warna kulit menjadi tidak cerah, keriput, dan menimbulkan kantung mata pada bagian bawah mata.

 

3-Depresi

Kurang waktu tidur yang disebabkan oleh gangguan tidur juga dapat membuat Anda merasa depresi. Karena gangguan tidur dan depresi adalah dua hal yang saling berkaitan. Semakin berat depresi yang dialami, akan semakin sulit ia untuk tidur. Segera konsultasikan ke dokter bila Anda menyadari gangguan tidur yang Anda alami.

 

4-Masalah kesehatan

Kurang tidur yang disebabkan oleh gangguan tidur juga menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes. Hal tersebut terjadi lantaran kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah yang menjadi sumber berbagai masalah.

 

5-Membuat gemuk

Sulit tidur juga berkaitan dengan rasa lapar dan nafsu makan berlebih yang menyebabkan kegemukan. Tidur terlambat akan membuat Anda lapar di malam hari dan menginginkan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak.
(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/jangan-begadang,-ini-akibatnya-bila-kurang-tidur.html)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar