Yin-Yang simetri

yin dan yangTeori tentang “Yin” dan “Yang” sudah populer dan nyaris semua orang tahu “Yin” mewakili unsur negatif, sedang “Yang” presentasi “positif”. Yang perlu diluruskan, tidak selalu yang negatif itu harus dihindari, meski benar berpikir negatif itu harus dieleminir. Juga kesempurnaan itu tidak melulu terdiri dari yang positif saja.
Kedua unsur itu, Yin dan Yang sama-sama diperlukan. Lihat sekeping uang logam (koin). Setiap koin pasti terdiri dari dua sisi yang tidak dapat dipisahkan, yaitu sisi kiri (Yin) dan kanan (Yang). Artinya, sisi kiri dan kanan sama-sama kita perlukan. Secara normal, kita punya dua tangan, kiri (Yin) dan kanan (Yang). Keduanya dibutuhkan, dan tak ada alasan kita hilangkan salah satunya. Juga dengan kaki dan mata.

Dalam kehidupan nyata, kita diberi fasilitas oleh Tuhan berupa waktu siang (Yang) untuk kita bekerja mencari rejeki, dan waktu malam (Yin) yang kita pakai untuk beristirahat. Tidak mungkin kita menyia-nyiakan salah satunya, kalau kita tidak ingin ada akibat fatal.

 

Baru-baru ini kita dikejutkan oleh peristiwa heboh yang menimpa seorang staf perusahaan, yang meninggal gara-gara tidak tidur selama 3 hari dengan hanya mengandalkan minuman energi bermerek “K”. Pelanggaran atas hukum alam berpotensi mendatangkan akibat mengerikan.

Apakah daya upaya kita selaras dengan hukum alam dan membawa kita sukses? Dalam dunia profesional, seorang manajer dituntut tidak saja harus mampu manajerial yang baik (Yin), tapi juga kepiawaian leadership nya harus mumpuni (Yang). Baru ada peluang bagi profesional untuk sukses.

Dalam dunia wirausaha-bisnis, seorang usahawan wajib punya jiwa kepemimpinan (leadership) yang kuat (Yang), namun familiaritas dalam soal finansial (Yin) merupakan sebuah keniscayaan. Hal ini pernah dialami oleh Soichiro Honda, yang leadership nya begitu tinggi, namun lemah dalam soal-soal keuangan.

 

Ketika Honda hampir putus asa karena perusahaannya terus berjalan di tempat, datang seorang Takeo Fujizawa yang piawai mengelola keuangan. Duet Soichiro Honda (Yang) dan Takeo Fujizawa (Yin) inilah yang membawa jaman keemasan bagi Honda Motor Company ke seluruh dunia.

“Tao” adalah sumber dari segala yang ada di maya-pada ini. “Tao” merupakan asal-muasal dari semua unsur positif (Yang) dan semua unsur negatif (Yin). Barang siapa mengerti dan menguasai “Tao”, dia akan sukses secara fisikal, emosional serta spiritual dalam waktu panjang. Bahkan sampai akhir waktu, di mana “Yin” dan “Yang” akan melebur ke dalam “Tao”. Ikuti terus artikel-artikel Metawirausaha dari saya, semoga bermanfaat. (Rusman Hakim; Chairman Rusman Hakim Unlimited Corporation Entrepreneurial Inspirator & Public Speaker; SME Business Consultant; Email: rusman@media-wirausaha.com, rusmanhakim@yahoo.com dan Pin BB: 2228.CCF3 Mobile: 0816.144.2792)-(Akung Prast)-Aguk

————-

One Response to Yin-Yang simetri

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    TAO atau ada yang menjabarkannya sebagai TUHAN menciptakan segala isi jagad ini demi manfaat kebaikan kepada manusia. Jadi saat manusia mencapai kebijakan yang tinggi, tentu menyadari semua tidak bisa dihakimi secara hitam putih belaka, semua tentu ada manfaat kebaikannyanya bagi manusia. Tinggal menyeimbangkannya.. Bahkan diajarkan hukum: ” jangan menghakimi ”
    Maka penyakit, kejahatan, bahkan setan sekalipun sebaiknya dikasihi untuk digali manfaatnya. Contohnya: mengenal penyakit, berapa banyak manusia memperoleh manfaat atas pengenalan dan mengasihi penyakit? Jadi Dokter, Dukun, Shinse, jualan obat, pabrik farmasi, Bertebaran klinik dan rumah sakit serta pabrikan peralatan kesehatan. Semuanya membuka lapangan kerja dan menyembuhkan orang sakit.
    Setan…saya pernah memanfaatkannya untuk membantu seorang Pendeta!
    Ceritanya, seseorang kebetulan memergoki saya keluar dari dalam ruangan kantor Konsulat yang pasti ada kantor imigrasinya. Orang yang saya kenal ini menhampiri saya menceritakan Pendetanya ditolak perpanjangan paspornya karena usia kadaluarsanya masih panjang. Ini aturan normal. Toh saya diminta membantu mengingat mumpung si Pendeta tugas kunjungan dikota konsulat ini, kalau tidak suatu saat nanti dia harus khusus datang dengan biaya serta waktu banyak dari pos tugasnya. Saya masuk kedalam dan minta dibantu apa yang seharusnya tidak boleh. Toh saya berhasil. Saya anggap ini kerja setan yang biasa minta yang bukan bukan kepada TUHAN juga.
    Saat si Pendeta mau menyodorkan uang terima kasih, saya tolak karena ga ada transaksi sebelumnya, dengan penjelasan ini saya kerjakan dengan bantuan setan yang minta yang bukan bukan kepada TUHAN. Pendeta tersinggung. Ya saya bilany bisa saja Anda seorang Pendeta, tetapi Kesadaran Spirituil Anda cuma hitam putih, lupa ajaran agama sendiri menyatakan segenap isi jagad ini ciptaan TUHAN, termasuk setan dll yang diciptakan demi manfaat kebaikan manusia. Pendetapun/ pemuka agama adalah manusia biasa yang bisa khilaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita