“Yin” dan “Yang” di Pencakar Langit Shenzhen

archdaily.co.uk

Markas Great Wall Technology Shenzhen, Tiongkok.

KOMPAS.com — Pencakar langit unik, ikonik, dan merepresentasikan identitas pemiliknya akan dibangun di Tiongkok. Gedung jangkung ini merupakan markas Great Wall Technology, perusahaan teknologi yang berbasis di Shenzhen.Atelier Blur, biro arsitek asal Hongkong, memenangkan kompetisi untuk merancang dan mengembangkan gedung baru tersebut yang terdiri atas dua menara saling berhubungan. Menara ini adalah sebuah “yin” dan “yang” dengan potensi hubungan simbiosis.

Menurut Atelier, konsep simbiosis “yin” dan “yang” dipilih dengan mempertimbangkan morfologi perkotaan Shenzhen saat ini sebagai hasil dari pertumbuhan ekonomi dan sosial yang dinamis dan konstan. Kaki langit kota ini telah berubah dengan cepat selama satu dekade terakhir, tidak lagi ekonomi berbasis manufaktur, Shenzhen berkembang menjadi pusat teknologi tinggi dan bisnis beroerientasi pelayanan.

Great Wall Tower ini berada di distrik Nanshan. Lokasi strategis dalam area Shenzhen High Tech Industri Park.

Ciri khas dari proyek ini terletak pada kekosongan vertikal pusat yang semuanya diukir.Kekosongan ini membentuk ngarai vertikal dari ruang yang berbeda dan proporsi untuk menciptakan suksesi dan hierarki ruang fungsional bersama, baik tertutup ataupun terbuka.Kumpulan dari elemen-elemen ini membentuk komposisi organik berlapis.

Bentuk menara mendefinisikan unsur-unsur alam, yaitu matahari dan angin. Terdiri atas tiga zona utama yang dilengkapi teras langit (sky terrace) dan taman langit (sky park). Setiap zona sesuai dengan tingkatan program: Tingkat bawah memiliki teras yang dapat diakses publik menuju pusat-pusat konferensi, pusat pameran, kafe, dan lounge.

Tingkat menengah melayani staf umum Great Wall bagian administrasi dan penelitian dan pengembangan (research and development). Sementara zona atas disediakan secara khusus untuk kelompok eksekutif.

Teras langit pada zona utama merupakan sumbu bangunan dan membawa ventilasi alami untuk setiap teras di bawahnya dan menawarkan udara sejuk segar ke dalam ruangan interior. Konsep Atelier ini secara umum mempromosikan penggunaan sumber daya alam dan ekologi yang bersih. Adapun konstruksi proyek dijadwalkan kelar pada Mei 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita