Waspada belanja online

belanja onlineJakarta Makin banyak jual beli online berimbas peningkatanan transaksi jual beli online. Kalau tak dibarengi pengetahuan masyarakat masalah keamanan berbelanja via dunia maya. Akibatnya, penipuan jual beli online terjadi. Berikut tips dari Tokopedia agar mencegah penipuan.

 

1. Cek kredibilitas dari situs tempat belanja
Pilih website yang terpercaya dan kredibel dalam jual-beli online. Baca kebijakan jual-beli online itu, apakah ada garansi hingga kebijakan pengembalian uang jika barang yang dibeli diterima cacat. Pastikan tak ada yang merugikan pembeli, serta data pribadi dilindungi dan tidak disebarkan ke pihak lain.

 

2. Jangan tergiur dengan harga murah
Untuk memastikan harga produk yang dibeli, konsumen mencari tahu kisaran harga produk  itu di pasaran, sehingga tidak mudah tertipu toko yang menjual produk itu dengan harga miring.

 

3. Baca deskripsi produk
Sebelum beli satu produk, pembeli wajib baca info atau deskripsi terkait produk itu dengan teliti. Jangan sampai produk itu tidak sesuai dengan harapan. Jika ada yang kurang jelas, langsung hubungi penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang diinginkan.

 

4. Rekening pribadi atau perusahaan?
Saat melakukan transaksi jual-beli online melalui web, hindari mentransfer dana ke nomor rekening pribadi. Pilihlah website yang rekening atas nama badan usaha seperti PT atau CV, yang keamanannya sudah pasti lebih terjamin.

 

5.Cek kredibilitas penjual
Konsumen bisa menilai kredibilitas penjual dengan melihat testimoni atau review yang diberikan oleh pembeli-pembeli lain yang sebelumnya sudah pernah membeli dari toko yang bersangkutan.

 

6. Periksa kembali pesanan
Sebelum membayar, pastikan produk yang di pesan sesuai. Selain itu, pastikan memasukkan alamat dan no. telepon dengan benar. Ini menghindari terjadinya kesalahan pada saat proses pengiriman barang.

 

7. Asuransikan
Baiknya minta penjual untuk menambahkan asuransi di pengiriman. Lebih baik bayar lebih untuk biaya asuransi tersebut, yang penting pesanan datang dalam kondisi yang baik.

 

8. Simpan bukti transaksi
Untuk antisipasi kita wajib menyimpan bukti transaksi seperti resi transfer dan histori percakapan dengan penjual, hingga transaksi selesai. Jika salah pengiriman atau penjual menyatakan belum menerima pembayaran, pembeli bisa menunjukkan bukti itu kepada penjual. (Penulis: Kharina Triananda/FIR; Sumber:PR dan http://www.beritasatu.com/digital-life/236658-8-tips-aman-belanja-online.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita