Usai Ketemu Menko Ekonomi Bupati Gresik Melakukan Terobosan

Usai Ketemu Menko Ekonomi Bupati Gresik Melakukan Terobosan(wartaekonomi.co.id)-GRESIK; Langkah inovatif terus dilakukan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, untuk mendorong pemulihan ekonomi di daerahnya.

Bupati milenial itu bertemu Menko Perekonomaian Airlangga Hartarto untuk memacu pengembangan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) yang telah disetujui sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada Februari 2021 lalu.

“Alhamdulillah, Jumat sore saya diterima Bapak Airlangga. Tujuan saya cuma satu, ingin ekonomi rakyat Gresik segera pulih, dengan akselerasi dan optimalisasi JIIPE. Golnya segera buka lapangan kerja seluas mungkin untuk warga,” terang Fandi Akhmad Yani di Gresik, (13/3/2021).

Pria yang disapa Gus Yani ini mengatakan, akibat pandemi, Gresik menghadapi tantangan ekonomi terkait pengangguran dan kemiskinan. Tingkat pengangguran terbuka (TPT) meningkat pada 2020 jadi 8,21%, jauh di atas rata-rata TPT Jatim 5,84%. “Ketika industri terdampak pandemi, secara pasar dan operasional, pasti ada layoff. Maka, saya ikhtiar cepat cari solusi pulihkan ekonomi warga,” ujarnya.

Dengan akselerasi dan optimalisasi KEK JIIPE, dia ingin banyak lapangan kerja tercipta. Berdasarkan kajian, saat operasi penuh, serapan tenaga di KEK JIIPE bisa 200.000an orang.

“Saya minta warga  dilibatkan. Jangan khawatir, SDM Gresik berkualitas. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kami tertinggi di Jatim. Saya akan menggeber program sertifikasi keahlian gratis untuk anak muda sehingga bisa terserap ke kebutuhan industri,” terang bendahara PW GP Ansor Jatim ini.

Dari sisi kemiskinan (2020), angka Gresik 12,40%, di atas rata-rata Jatim 11,09%. “Langkah terpadu kita percepat, termasuk KEK JIIPE ini yang ujungnya harus menurunkan kemiskinan,” tegas Gus Yani.

KEK JIIPE, bakal dipacu pengembangannya untuk industri teknologi, metal, kimia, energi, dan logistik. Berdasarkan hasil kajian, KEK JIIPE diproyeksi mampu mendatangkan investasi US$16,9M, setara Rp236,6 triliun. Produksi pelaku usaha di JIIPE akan mampu berkontribusi ekspor US$10,1 miliar per tahun ketika beroperasi penuh.

“Saya baca kajian dari berbagai sisi, KEK JIIPE nanti devisa negara bisa dihemat karena industri di dalamnya menghasilkan produk substitusi impor untuk industri metal dan kimia,” ujarnya.

“Jadi kita kerja keras menjadikan Gresik andalan penghasil devisa melalui kegiatan ekspor, dan penyelamat devisa melalui substitusi impor. Alhamdulillah, Pak Airlangga mendukung pengembangan ekonomi Gresik” beber alumnus FE Unair itu.

Tak hanya membahas investasi industri berskala besar yang bakal masuk Gresik. Pihaknya menekankan pentingnya tautan dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Saya ingin UMKM dan IKM Gresik masuk rantai pasok industri, mendukung sisi operasional utama pabrik dan penunjangnya. Konsep ini memperluas nilai tambah KEK JIIPE sehingga manfaatnya untuk rakyat  kian besar. Pak Airlangga ingin konsep kerakyatan perpaduan investasi besar dan UMKM-IKM ini dikembangkan,” ujarnya.

Gus Yani optimistis KEK JIIPE jadi instrumen pemulihan ekonomi Gresik. “Growth kita (2019) hanya 4,3%, kena pandemi tambah menurun. Pemulihan ekonomi harus cepat dan tepat” ujarnya. JIIPE berdiri di atas lahan 3.000 ha yang terdiri atas kawasan industri, pelabuhan umum multifungsi, dan hunian kota mandiri.

Kawasan dikembangkan bersama PT Pelindo III dan PT AKR Corporindo Tbk itu memiliki pelabuhan laut terdalam di Jatim dengan kedalaman -16 LWS sehingga kapal-kapal besar bermuatan lebih dari 100.000 DWT bisa sandar di kawasan industri ini untuk memudahkan proses distribusi.

(Penulis: Mochamad Ali Topan; Editor: Puri Mei Setyaningrum; Bahan dari : https://www.wartaekonomi.co.id/read331963/usai-bertemu-menko-ekonomi-bupati-gresik-lakukan-terobosan-ini)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita