logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Umur Paspor diperpanjang jadi 10 Tahun

Umur Paspor diperpanjang jadi 10 Tahun(nasional.kontan.co.id)-Washington; Ditjen Imigrasi KemenkumHAM terus berupaya mempermudah layanan pembuatan dan perpanjangan paspor bagi WNI.

 

Untuk mengurangi antrean pembuatan paspor baru, Ditjen Imigrasi menggandeng PT Pos Indonesia (Posindo)  membuka pendaftaran pembuatan paspor di tingkat kecamatan. “Ini tengah kita jajaki,” ujar Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie yang ditemui Kontan.co.id di sela Spring Meeting IMF dan World Bank 2018 di Washington DC, AS (18/4).

 

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi juga bekerja sama dengan Posindo dalam pengiriman paspor. Mulai Januari 2018, warga tak perlu mengantre ke kantor imigrasi untuk ambil paspor yang jadi. Layanan itu juga untuk pembayaran biaya pembuatan paspor.

 

Kantor cabang PT Posindo yang meyebar di pelosok memudahkan masyarakat dalam layanan keimigrasian. Mulai awal tahun ini, Ditjen Imigrasi membuka layanan e-pasport untuk pembuatan paspor baru dan perpanjangan secara online. “Untuk perpanjangan hanya perlu membawa KTP dan paspor lama saja,” ujar Ronny.

 

Tak hanya itu, Ditjen Imigrasi juga mengkaji masa berlaku paspor dari 5 tahun jadi 10 tahun. “Ini tengah kita kaji. Harapan saya tahun ini sudah ada keputusan,” ujar Ronny.

 

Inovasi terus dilakukan oleh Ditjen Imirasi lantaran setiap tahun terjadi kenaikan 15% – 20% pemohon paspor baru dan perpanjangan. Sepanjang 2017, Ditjen Imigrasi melayani permohonan 3 jutaan paspor.  (Harry Rekso Samudro-A61;  Bahan dari :   https://nasional.kontan.co.id/news/umur-paspor-akan-diperpanjang-hingga-10-tahun)-FatchurR *

One Response to Umur Paspor diperpanjang jadi 10 Tahun

  • Kebijakan kemudahan prosedural, masa berakunya dan tehnis suatu dokumen negara, berdampak luas.
    Yg diuntungkan masyarakat luas, tp proses dikantor akan lbh sederhana, meredusir over head cost jg biaya operasionilnya meliputi banyak hal terutama penggunaan daya listrik, akan tinggi sesuai aturan PLN.
    Tapi buat para calo (bisa internal maupun external) akan terdampak banyak sekali, tp mrk kan diluar hitungan formal institusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita