logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Toko tanpa Kasir XMart-jd.id

(id.techinasia.com)- Pada tanggal 2/8/2018, e-commerce JD.ID mengumumkan mereka telah menghadirkan teknologi toko yang beroperasi tanpa kasir di Indonesia. Toko ini bernama JD.ID X-Mart, dan berlokasi di PIK Avenue.

 

Ketika akan masuk ke toko, kita harus menunjukkan QR Code yang ada di aplikasi mobile JD di smartphone kita ke alat yang ada di gerbang masuk toko. Di depan gerbang ada kamera yang akan mengidentifikasi wajah kita. Setelah itu, gerbang akan terbuka dan kita bisa masuk ke dalam toko.

 

Di toko, kita bisa pilih produk2 seperti pakaian, makanan, dan kosmetik. Produk tersebut telah dilengkapi teknologi Radio Frequency identification (RFID), sehingga mereka akan tahu barang apa saja yang kita bawa ke luar toko.

 

Sebelum keluar, kita kembali harus melalui proses identifikasi wajah. Secara otomatis, akan diproses pembayaran untuk barang yang kita bawa, dengan kartu kredit yang ada di aplikasi kita. Setelah itu, baru pintu keluar terbuka.

 

Toko ini toko tanpa kasir pertama JD di luar Cina. Dan menurut JD, toko dengan luas 270 m2 yang mereka bangun di Jakarta ini berukuran lebih besar dibanding 20 toko serupa yang telah dibangun di negara asal mereka.

 

Di Cina ada beberapa startup yang juga telah membuat toko dengan mekanisme serupa. Startup bernama Bingobox bahkan telah mempunyai dua ratus toko tanpa kasir yang tersebar di 29 kota.

JD.ID  hadir di Indonesia sejak 2016, dan telah melayani sekitar 20 juta masyarakat di tanah air.

 

Dengan 9 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia, mereka berusaha memastikan 85% produk yang dibeli pengguna bisa sampai di hari yang sama atau di keesokan harinya.

 

JD telah memberikan investasi untuk startup tanah air, seperti Go-Jek dan  Traveloka, serta di Pomelo yang juga telah beroperasi di Indonesia. Langkah ini serupa dengan pesaing mereka, Alibaba, yang kini telah mengakuisisi Lazada dan berinvestasi di Tokopedia.

 

(Suwarsono-A70; sumber dari Aditya Hadi Pratama; Editor : Pradipta Nugrahanto; Bahan dari : https://id.techinasia.com/jd-id-toko-tanpa-kasir-x-mart)-FatchurR *

One Response to Toko tanpa Kasir XMart-jd.id

  • Tdk bisa membayangkan spt di China yg sp dipasarpun menggunakan gadget baik pembeli maupun penjualnya, jd setiap org hrs melek bank, hp dll IT spy bisa berdagang dipasar. Tetapi lambat laun tuntutan modernisasi pasti merambah Indonesia pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita