logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tips Nge Charge Agar Baterai HP Lebih Awet(2/2)

Nge Charge Baterai HP(tekno.kompas.com)- 3-Hindari penurunan baterai secara drastis saat charging

Baterai yang terkuras drastis saat dicas disebut pula “parastic load”. Ini terjadi, disaat bersamaan ponsel sedang diisi dan digunakan mengoperasikan aplikasi yang boros baterai seperti main game / menonton video.

 

Parastic load buruk bagi baterai karena mendistorsi siklus charging atau pemutaran arus saat isi ulang. Apalagi jika parastic load saat baterai terisi penuh. Maka menyebabkan tegangan2 lebih tinggi dan menyebabkan baterai panas.

 

Menghindari parastic load, satu2nya cara, menon-aktifkan ponsel agar tidak ada aktivitas ponsel selain pengisian daya. Namun, jika butuh mengoperasikan ponsel saat dicas, gunakanlah sebutuhnya agar beban kerja ponsel lebih ringan.

 

4-Ingat, suhu tinggi adalah musuh baterai awet

Kunci utama untuk memperpanjang umur baterai adalah kontrol temperatur. Seperti tegangan tinggi, temperatur tinggi menekan baterai dan membuat kapasitas baterai hilang dengan cepat dibanding menjaga ponsel dalam temperatur rendah. Menjaga ponsel di suhu 25-30° C akan menjaga kapasitas baterai di angka 80%.

 

Jika menyimpannya di suhu 40° C, maka kapasitas baterai terjaga 65%, dan di suhu 60°C atau 140° F hanya akan memperpendek usia baterai dalam 3 bulan. Yang terburuk, menyimpan ponsel dalam kondisi penuh di dalam suhu tinggi. Jadi, hindari meletakan ponsel di bawah bantal di malam hari saat mengisi bateraniya semalaman.

 

Hindari mengecas baterai di dalam dashbor mobil saat panas terik. Teknologi pengisi daya cepat yang marak dibawa vendor2 saat ini cukup mempengaruhi. Sebab, arus dan tegangan yang lebih tinggi pasti menyebabkan perangkat lebih panas saat isi daya. Jika pakai fast charger, gunakanlah secara efisien. Ada baiknya mengisi daya 15-20 menit saja tanpa membiarkannya penuh.

 

Dalam kurun waktu itu, masalah overheating bisa dihindari, namun tidak dengan mengisi daya semalaman dengan fast charger. Praktik dan mitos2 menjaga keawetan baterai banyak dilakukan. Meski mayoritas tidak berdampak negatif terhadap usia baterai dalam jangka waktu menengah. Intinya, isilah daya secara reguler saat daya tidak sepenuhnya kosong adalah yang wajib diingat.

 

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tips Nge-charge Agar Baterai Ponsel Lebih Awet”, Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi; Editor : Reska K. Nistanto; Bahan dari :  Android Authority dan https://tekno.kompas.com/read/2018/07/08/19080047/tips-nge-charge-agar-baterai-ponsel-lebih-awet)-FatchurR* Tamat…….

One Response to Tips Nge Charge Agar Baterai HP Lebih Awet(2/2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita