logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tips Nge Charge Agar Baterai HP Lebih Awet(1/2)

Nge Charge Baterai HP(tekno.kompas.com)-Baterai yang awet ber-tahun2 itu idaman tiap penggguna smartphone. Beberapa cara dilakukan demi memperpanjang usia ponsel. Termasuk melakukan hal2 yang diyakini bisa membuat baterai ponsel awet, seperti mengecasnya hingga 100% semalaman.

 

Atau baru mencas ponsel ketika daya benar2 habis, dan praktik2 lain. Benarkan cara itu ampuh membuat baterai smartphone awet? Menurut perusahaan Cadex, produsen perangkat penguji baterai smartphone, praktik2 itu bisa memangkas usia ponsel, alih2 memperpanjangnya. Ada cara2 untuk membuat baterai lebih tahan lama.

 

1-Jangan mengisi daya baterai sampai penuh

Sebagian besar pengguna smartphone pasti mengisi daya baterai hingga 100%. Untuk baterai lithium-ion modern yang tertanam di berbagai smartphone saat ini, hal itu mitos untuk membuatnya awet. Pengisian baterai secara parsial memiliki manfaat positif untuk memperpanjang usia sel baterai.

 

Ada alasan ilmiah di balik cara ini. Ketika daya baterai makin mendekati kosong, baterai Li-ion menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan lebih rendah. Tegangan itu perlahan meningkat seiring pegisian daya yang berlangsung, lalu menaikkan daya pada level 70%, hingga kapasitas penuh. Yang terpenting, pengisian baterai pada tegangan rendah akan lebih baik untuk usia baterai.

 

Sebab, jika siklus tegangan makin meningkat, maka penurunan kapasitas yang besar terjadi pula. Itu karena tiap penuruan 0.1 volt tegangan sel akan menggandakan siklus hidup daya baterai. Jadi, sebaiknya pengisian daya baterai dimulai dari kisaran 30-80% agar voltase atau tegangan tetap rendah dan lebih awet di baterai. Lakukan pengsian baterai reguler secara parsial, atau tidak menunggu 100%.

 

2-Jangan tunggu baterai kosong

Mengisi daya dari 0% hingga 100% sebaiknya dihindari, karena butuh waktu lama. Sebab itu, orang2 memilih mengecas ponselnya semalam suntuk atau terlalu lama. Padahal hal itu tidak disarankan.

 

Pertama, karena mengisi daya terus-menerus menyebabkan timbulnya lapisan lithium metalik, yang lama kelamaan bisa mengurangi stabilitas baterai dan membuat sistem mengalami malfungsi dan reboot.

 

Alasan kedua, mengecas baterai terlalu lama membuat baterai terisi 100%. Seperti disebutkan pada poin pertama, akan lebih baik jika baterai Li-ion tidak terisi penuh namun dicas secara reguler.

 

Alasan terakhir, meninggalkan ponsel sedang charging ber-jam2 hingga semalaman, akan membuat panas berlebih akibat pemborosan daya yang terbuang setelah kapasitas baterai penuh. Idealnya, perangkat berhenti mengisi daya jika daya telah 100% meski saat dicas ponsel dalam keadaan non-aktif.

 

Jika ponsel masih terisi daya, ada kalanya mereka masih teraliri daya yang besar antara 200-500 mA. Dari percobaan Androd Authority yang dilansir KompasTekno, (7/7/2018), hanya LG V30 yang dayanya menurun 20 mA saat keadaan mati dan masih terpasang stop kontak.

 

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tips Nge-charge Agar Baterai Ponsel Lebih Awet”, Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi; Editor : Reska K. Nistanto; Bahan dari :  Android Authority dan https://tekno.kompas.com/read/2018/07/08/19080047/tips-nge-charge-agar-baterai-ponsel-lebih-awet)-FatchurR* Bersambung…….

One Response to Tips Nge Charge Agar Baterai HP Lebih Awet(1/2)

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Teman2 sering omong batery tinggal satu strip, tak chas dulu ya, ini sering dikatakan mrk.
    Klo sy pokok ada waktu tepat yg lgs dichas meski tinggal 3 strip ato 5 strip, cuma kebanyakan sering diupayakan jd 100 %. Sesuai anjuran tehnis dlm artikel ini, jk sdh mencapai diatas 90% dulunya diteruskan sp 100%, malah sering waktu dilihat sdh 90 up diteruskan sp puolll yg nunggunya terasa bgt lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita