logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tim Barunastra ITS siapkan Kapal Cepat Tanpa Awak

Tim Barunastra ITS siapkan Kapal Cepat Tanpa Awak(jatim.sindonews.com)-SURABAYA; Tim Barunastra ITS Surabaya, terus berinovasi. Mereka, mempersiapkan kapal tanpa awak terbaru, Nala Evo Mark III. Kapal cepat tanpa awak ini, disiapkan tim Barunastra ITS, untuk berlaga di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018.

Kontes yang digelar 17-20/11/18 di Politeknik Negeri Madura itu, jadi pertaruhan prestasi Barunastra. Target menang dicanangkan untuk jadi yang terbaik di Indonesia. KKCTBN ini bukan pertama bagi Tim Barunastra ITS ikut berpartisipasi. Sebelumnya, mereka 2x ber-turut2 ikut serta di ajang yang sama, yaitu tahun 2014 dan 2016, Tim Barunastra ITS juga meraih Juara 1.

Ketua Tim Barunastra ITS Steven Caramoy menuturkan, timnya selalu mengevaluasi dari kapal2 sebelumnya. “Kami lakukan evaluasi dari kapal2 sebelumnya, diantaranya dari segi manufaktur dan juga programnya” kata Amoy, (12/11/2018).

Mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan ITS itu melanjutkan, butuh 3 bulan mempersiapkan Nala Evo Mark III ini agar siap terjun di kompetisi nasional ini. “Anggota tim fokus menyiapkan fisik dan mental untuk kompetisi itu. Simulasi lomba dilakukan rutin tiap hari di Danau 8 ITS agar kapal siap dengan kondisi optimum” ucapnya.

Berbeda dari sebelumnya, lomba yang dilaksanakan pada 17-20/11/18 diselenggarakan di medan laut dan peraturan yang mewajibkan peserta hanya boleh menggunakan kamera juga jadi tantangan tersendiri, karena optimasi program pada penggunaan kamera harus dimaksimalkan.

Untuk menghadapi kondisi dan tantangan berbeda dari tahun2 sebelumnya, Tim Barunastra ITS menggunakan jenis kapal catamaran sebagai platform. “Kapal jenis ini tahan kondisi air yang bergelombang sehingga dapat meminimalisir kemungkinan air dapat masuk ke kapal,” tegasnya.

Kapal ini sesuai fungsional robot, yang butuh stabilitas tinggi saat running. Sistem RDC (Remote Desktop Control) jadi keunggulan program pada kapal ini, karena dapat memudahkan untuk kalibrasi warna dari kejauhan, serta pergerakan kapal dari jauh dapat dipantau dengan mudah.

Pada peresmian kapal kali ini, Tim Barunastra ITS juga mengundang berbagai pihak yang terlibat dalam mendukung proses tim selama ini yang tidak lain adalah pihak kampus juga para sponsor.

Dengan banyak pihak terlibat mendukung tim, tentunya Tim Barunastra ITS harus berusaha keras untuk dapat mempertahankan gelar juara dan memberikan yang terbaik. (yet; Aan Haryono;  Bahan dari : https://jatim.sindonews.com/read/3254/1/tim-barunastra-its-kembali-siapkan-kapal-cepat-tanpa-awak-1541999493)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita