Tentang Kopi

minum kopi lucu01. Kopi ditemukan oleh kambing.

Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi. Ditemukan penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi. Jadi, kopi ini sebenarnya konsumsi hewan. Setelah kambing, ada pula luwak. Dan manusia ikut-ikutan luwak, minum kopi luwak.

02. Kopi membunuhmu.

Ngopi itu membunuhmu, seperti merokok. Benar, jika ngopinya 80-100 cangkir dalam 12 jam. Atau ngopinya sambil jalan-jalan di tengah jalan tol. Banyak dokter konvensional mengatakan kopi tidak termasuk minuman sehat. Biasanya, dokter tersebut tidak suka ngopi. Atau, beliau penyakitan.

 

Di Banda Aceh dan Gajo, yang bertemu dengan dokter-dokter yang doyan ngopi, lelaki dan perempuan. Dan mereka dokter yang baik, laris, kaya, dan sehat-sehat.

03. Kopi itu baik-baik saja.

Studi membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi. Cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat. Takaran normal kopi dalam 24 jam, antara 3-4 cangkir kopi. Jika tidak suka kopi, bisa coba teh hitam.

04. Kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan.

Tapi hal ini baru terbukti pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual, namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi. Kalau yang maniak kopi, jadinya bukan maniak seks. Makanya mau milih mana? Atau mau disamain dengan tikus?

05. Kafein bisa mengurangi rasa sakit.

Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, itu menurut sebuah studi kecil. Tapi lagi-lagi ini hanya berlaku buat mereka yang bukan pecandu kopi. Pada pecandu atau maniak, kepekaannya sudah berkurang. Maka jadilah penikmat normal saja.

06. Kafein bisa bikin kita tidak ngantuk.

Buat yang ingin melek semalaman, akan terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur, agar tidak terganggu jam istirahatnya. Sekali lagi, ini ukuran bagi yang ngopinya normal. Yang tidak maniak banget.

07. Kopi dekafein pun mengandung kafein.

Walaupun istilahnya dekafein, alias bebas kafein, tetap saja kopi itu mengandung kafein. Kalau kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi ber-kafein. Celakanya, kopi dekafein sering menggunakan bahan kimia untuk mengurangi kadar kafein pada kopi, yang bernama methylene chloride.

08. Kafein itu bukan bagian yang berasa pahit.

Banyak orang mengira, makin pahit rasa kopi makin banyak kandungan kafeinnya. Kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit. Kalau ada barista ngomong pengopi sejati adalah penikmat kopi pahit, saya tidak percaya filosofi fasisnya itu.

 

Ngopi ngopi aja, enjoy man. Karena saya juga bisa bilang; hanya pengopi palsu yang mendefinisikan manusia berdasar kelas. Ada kelas sejati, kelas separoh sejati, separoh palsu, kelas palsu. Itu kopi Orba, suka mutlak-mutlakin selera orang. Saya sih nggak percaya pada para cafetalis yang sok romantic itu.

09. Kopi yang bagus tergantung pada bakaran dan racikan.

Jika ingin kopi bercitarasa nikmat, yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya.

 

Munculnya kandungan kafein, tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama, menghasilkan kafein makin banyak. Tentu saja, ini semua bagi penggemar kopi asli, tanpa campuran. Artinya asli dari buah kopi, darimana pun asalnya di pelosok Nusantara. Bukan kopi sachetan. (Apung GWAP)-Aguk

One Response to Tentang Kopi

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Sejak nglakoni hidup sehat dengan makan minum hanya yang sehat secara ilmiyah yang uptodate, buka ajaran empat sehat lima sempurna cekokan semasa sekolah. Olahraga teratur dan berpikir enteng tawakal, mengembangkan kesadaran spirituil. Nah soal kopi memang ada yang menyatakan tergolong ga menyehatkan. Kata NEAL BARNARD dibukunya Eat Right Live Longer, menghambat penyerapan kalsium yang edible dari makanan. Jadi LANSIA BERESIKO KEROPOS TULANG KALAU MINUM KOPI, JUGA MINUM SUSU SAPI AKIBATNYA SAMA.
    Sayapun kebiasaan miunm kopi 4 mug sehari. Itupun ga menghalangi tidur saya, kapan minum kopi pokoknya jam 9 malam diperaduan segera tertidur. Kalau ga saling ganggu dengan Isteri. Tahun lalu bone density check saya hasilnya excellent. Setahun sudah saya kurangi jadi hanya 1 mug setiap makan pagi. Itupun saya campur pada ramuan makan pagi saya. Bone Density check saya tetap excellent, resiko fraktur very very low kata laporan yang saya baca.

    Teh saya sudah tidak minum kecuali suguhan saat bersama teman. Kabarnya banyak pemalsuan yang produk RRT. Sedangkan yang dari kebun Indonesia ga ada yang bisa saya temukan.

    Meski saya pingin meningkatkan pola hidup makan minum sehat, saya ga bisa melepas kenikmatan kopi asli kiriman DJUHARI atau Pak YONG dan Pak NURSALIM dari Perkebunan Sumber Beringin Bondowoso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita