logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Teknologi Digital dibuat untuk menguntungkan

sri mulyani(beritasatu.com)-NUSA DUA-BALI; Menkeu Sri Mulyani Indrawati berpandangan, perlu upaya global untuk mencari solusi atas risiko yang timbul dari teknologi digital, untuk mengubahnya menjadi keuntungan dan peluang.

 

Menurutnya, perkembangan teknologi berkorelasi positif dengan perkembangan ekonomi. Namun, di sisi lain ada fakta, teknologi tinggi menyebabkan ketimpangan antarnegara dan manfaat lebih banyak dirasakan negara2 yang lebih makmur.

 

Itu dia ungkapkan di acara Pathway to Prosperity Rountable Breakfast, di Pertemuan Tahunan IMF-Grup Bank Dunia 2018 di Bali (9/10). Acara ini bertema pembahasan “Inclusive Growth and International Governance in the Digital Age.” Teknologi menyebabkan disrupsi / menghambat misal pekerjaan2 jadi hilang, disisi lain teknologi menghasilkan roadmap alternatif untuk perkembangan inklusif.

 

“Hari ini kita banyak membahas kedaulatan data (data sovereignity), keamanan data dan pendidikan IT. Terkait pendidikan IT, Presiden RI berinisiatif mengundang Jack Ma untuk memberi course. Di Indonesia ada Gojek dan Tokopedia berkembang cepat. Kita harus bisa catch up dengan policy,” kata Sri Mulyani.

 

Menurut Sri penting seluruh negara di dunia mengubah ancaman risiko, terkait teknologi digital menjadi keuntungan potensial, dan memikirkan langkah2 yang harus diambil tiap negara ambil kesempatan ini.

 

“Ada kebutuhan sosial nasional dan tingkat internasional untuk menghadapi revolusi industri baru ini yang menyebabkan pemerintah, warga negara, dan swasta bekerja sama dan ber-sama2 mempertimbangkan prinsip kerja sama ke depan dan lintas kebijakan” ujar Sri Mulyani.

 

Profesor Kebijakan Ekonomi dari Oxford Stefan Dercon mengatakan, semua harus bekerja untuk meningkatkan ekonomi untuk pertumbuhan inklusif dalam digital ekonomi dan langkah2 yang harus diambil. Chairman Infosys Nandan Nikelani mengatakan, open source adalah solusi untuk seluruh pembangunan, namun harus ada upaya agar data tidak disalahgunakan oleh swasta.

 

Sri Mulyani adalah co-chair dari Pathway to Prosperity Commission bersama Melinda Gates, yang memiliki tujuan menumbuhkan diskusi dan mendorong solusi antarnegara membuat perkembangan teknologi semakin berguna dan menguntungkan negara-negara miskin dan kaum marjinal. (Nasori; Nas; Bahan dari : Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/digital-life/515482-menkeu-teknologi-digital-harus-dibuat-menguntungkan.html)-FatchurR *

One Response to Teknologi Digital dibuat untuk menguntungkan

  • Harry Reksosamudra says:

    PRC, The People of The Republic of China yg kemerdekaannya lbh muda 4 th dari NKRI, saat awalnya kita jauh lbh moderat dr PKC yg mendominasi seluruh kehidupan ekonomi & politik China, krn abang tertua sy di th 1955 mudik kesana. Pendek kata masyarakat China bgt miskin dan terisolir oknum2 partai yg menguasai serta mengatur ngr nya dg pengetahuan sederhana. Baru ditahun 1980 an setlh Deng Xiao Ping naik tahta jadi presiden, bgt getol dlm keterbukaan segala hal, ternyata berhasil memajukan China. Mmg segala upaya pasti ada resikonya yg hakekatnya tdk perlu jd beban shg menghambat tujuan kemajuan bersama.
    Menurut hemat sy kemajuan sosial-ekonomi, akan seiring sejalan dg cara berpikirnya manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita