logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Teknologgi 5G Sumber Sengketa Trump VS Huawei(1/2)

5g(cnbcindonesia.com/fintech)-JAKARTA; Internet Seluler “Generasi kelima/Fifth generation/5G)” yang cepat ramai dibahas di dunia lantaran menuai kontroversi karena dikembangkan perusahaan China, Huawei Technologies, yang dicurigai sebagai alat China me-mata2i negara lain. Tapi apa itu 5G?
Mengutip BBC, teknologi internet 5G itu generasi terbaru jaringan internet, yang menjanjikan kecepatan unduhan 10-20x lebih cepat dari kecepatan internet yang tersedia sekarang dan mungkin diluncurkan pada awal tahun depan di beberapa negara. Berikut hal2 yang perlu dicatat terkait 5G.

Apa sebenarnya 5G itu?
5G adalah konektivitas internet seluler generasi kelima yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data yang jauh lebih cepat, jangkauan lebih luas dan koneksi yang lebih stabil. Jaringan ini memanfaatkan spektrum radio lebih baik dan memungkinkan lebih banyak perangkat dapat mengakses internet seluler pada saat bersamaan.

 

Yang bisa dilakukan dengan 5G

“Apa pun yang kita lakukan kini dengan smartphone, kita akan dapat melakukannya dengan lebih cepat dan lebih baik,” kata Ian Fogg dari OpenSignal, perusahaan analisis data seluler. “Pikirkan kacamata pintar yang menampilkan augmented reality (AR), mobile virtual reality, video berkualitas lebih tinggi, dan internet membuat kota lebih pintar.

 

Tapi, semua layanan baru yang akan dibangun dan tidak dapat kita ramalkan sebelumnya.” Dengan 5G, kemungkinan manusia bisa membuat segerombolan drone bekerja sama melakukan misi pencarian dan penyelamatan, penilaian kebakaran dan pemantauan lalu lintas, semua berkomunikasi secara nirkabel satu sama lain dan stasiun pangkalan darat melalui jaringan 5G.
5G penting bagi kendaraan otonom (self-driving) digunakan berkomunikasi satu sama lain dan membaca peta langsung dan data lalu lintas. Game seluler lebih lancar dimainkan, dengan lebih sedikit penundaan atau latensi, yang mudah digunakan hanya menekan tombol pada pengontrol dan melihat efeknya di layar. Video seluler dan panggilan video (video call) lebih jelas dan tanpa gangguan.
Perangkat kebugaran yang dapat dikenakan dengan jaringan 5G dapat memantau kesehatan penggunanya langsung, memberi tahu dokter segera setelah terjadi keadaan darurat.

 

Cara Kerjanya

Ada teknologi baru yang mungkin diterapkan, tapi standarnya belum ditetapkan untuk semua protokol 5G. Pita frekuensi yang lebih tinggi, 3.5GHz (gigahertz) hingga 26GHz dan lebih tinggi dari itu, banyak kapasitas tetapi panjang gelombangnya yang lebih pendek bisa berarti jangkauannya lebih rendah. Hal itu memungkinkan jaringan saat ini lebih mudah diblokir oleh objek fisik.
Penciptaan teknologi baru kemungkinan diterapkan, misalnya membuat tiang2 telepon lebih kecil, yang diletakkan lebih dekat ke tanah untuk mentransmisikan “gelombang millimeter” antara jumlah pemancar dan penerima jauh lebih tinggi. Ini memungkinkan kepadatan penggunaan lebih tinggi. Teknologi itu mahal dan perusahaan telekomunikasi belum berkomitmen mengembangkannya.

 

Apakah 5G ada perbedaan dengan 4G

Jawaban dari pertanyaan itu “iya”. 5G, teknologi radio yang benar2 baru, tapi awalnya 5G kemungkinan hanya akan digunakan oleh operator jaringan sebagai cara meningkatkan kapasitas pada jaringan 4G (LTE – Long-Term Evolution) yang ada, untuk memastikan layanan yang lebih konsisten bagi pelanggan.
Kecepatan yang diperoleh pengguna tergantung pada pita spektrum yang operator gunakan untuk menjalankan teknologi 5G dan tergantung jumlah dana yang operator investasikan untuk tiang dan pemancar baru. (roy/roy; Rehia Sebayang; Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20190212205848-37-55173/apa-itu-teknologi-5g-sumber-sengketa-trump-vs-huawei)-FatchurR * Bersambung……….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita