logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Seukuran Burung Murai Dinosaurus Baru Ini Punya Sayap Mirip Kelelawar

Seukuran Burung Murai Dinosaurus Baru Ini Punya Sayap Mirip Kelelawar(sains.kompas.com)-Banyak cara terbang dan melayang. Itu disimpulkan dari banyaknya temuan fosil hewan purba, baik dinosaurus maupun pterosaurus, yang punya beragam modifikasi lengan yang memungkinkan mereka mengarungi langit.

 

Di antaranya mewariskan keturunan dengan desain mengalami penyempurnaan hingga jadi lebih efisien. Sebagian lagi mengalami kepunahan. Kali ini, temuan terbaru asal dari kawasan Barat Laut China. Fosil mungil berukuran tidak lebih dari seekor burung murai ini bersayap mirip kelelawar, dilengkapi struktur bulu yang juga mengalami fosilisasi.

 

Fosil ini diberi nama Ambopteryx longibrachum, (latin, berarti kedua sayap berlengan panjang). Fosil ini berasal dari perioda Jurassic, 163 juta tahun lalu. A. longibrachum masuk dinosaurus bersayap mirip kelelawar, kelompok scansoriopterygid.

 

Fosil ini pertama ditemukan petani lokal, yang mendonorkannya ke Chinese Academy of Science’s Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology (IVPP) di Beijing. Fosil ini kondisinya baik, dengan keberadaan sayap mirip kelelawar yang tersusun membran.

 

Fosil juga mendokumentasikan keberadaan bulu halus. “Fosil ini seukuran telapak tangan. Makhluk ini hewan kecil, berbentuk aneh, bergigi tonggos tidak mirip hewan manapun yang hidup saat ini,” ujar Jingmai O’Connor, paleontolog IVPP yang meneliti fosil ini, seperti dilansir Science, Rabu (8/5/2019).

 

Sayap A. longibrachum terbentuk dari tulang lengan atas (humerus) dan tulang hasta (ulna) memanjang. Sedang burung modern memiliki struktur sayap yang tersusun atas pemanjangan tulang jari (metacarpal). Ini menjadikannya lebih mirip kelelawar dibanding burung.

 

“Permukaan penghasil gaya angkat utama burung ini dibentuk oleh bulunya. Kelelawar, pterosaurus, dan juga scansoriopterygid, justru dihasilkan oleh lapisan kulit bermembran yang terentang antara tulang belulang di lengan,” jelas O’Connor.

 

Fosil mengawetkan isi perut hewan purba ini. Peneliti mengambil sampel tulang dan gastrolith, batuan kecil yang digunakan burung untuk mengerus material nabati yang dikonsumsinya. Temuan ini mengindikasikan A. longibrachum itu omnivora. Meski ada bulu halus pada fosil, namun bulu ini bertekstur mirip rambut, bukan bulu untuk terbang sebagaimana burung modern.

 

O’Connor berspekulasi bulu digunakan pejantan untuk menarik perhatian betina, terutama pada bagian ekor, sebagaimana ditemukan di jenis dinosaurus serupa sebelumnya. Seperti di Era Dinosaurus Sebelumnya (2015), ditemukan dinosaurus scansoriopterygid di kawasan Barat Laut China.

 

Fosil yang diberi nama Yi qi ini memiliki bulu halus dan bersayap mirip kelelawar. Temuan fosil baru ambopteryx ini mengonfirmasi masih banyak dinosaurus bersayap mirip kelelawar yang menunggu untuk ditemukan.
(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Seukuran Burung Murai, Dinosaurus Baru Ini Punya Sayap Mirip Kelelawar”, Penulis : Julio Subagio; Editor : Gloria Setyvani Putri; Bahan dari : Sciense dan https://sains.kompas.com/read/2019/05/11/183300423/seukuran-burung-murai-dinosaurus-baru-ini-punya-sayap-mirip-kelelawar)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita