logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Setasiun Kereta Cepat di China

stasiun kereta cepat nanjing(msn.com)-Stasiun kereta cepat di China berbeda dengan stasiun KA di Indonesia. Infrastruktur dan fasilitasnya menyerupai bandara, yakni calon penumpang kereta dan pengantar harus menjalani proses pemeriksaan melalui detektor logam sesaat setelah melewati pintu masuk stasiun.

 

Penulis dan wartawan negara2 ASEAN berkesempatan menumpang kereta cepat rute Beijing-Nanjing, untuk kegiatan peliputan atas undangan Kemenlu China. Perjalanan ke Nanjing dimulai dari stasiun kereta cepat Beijing Selatan (Beijingnan) di Distrik Fengtai.

 

Di stasiun berjajar gerai2 makanan, minuman, serta toko oleh2. Seperti di tempat2 umum lain di China, stasiun kereta juga padat orang. Sebelum turun ke platform kereta di satu lantai di bawah lantai dasar stasiun, calon penumpang harus menunjukkan tiket dan kartu identitas pada petugas.

 

Harga tiket kelas satu ke Nanjing 748,5 yuan (Rp1,5 juta) / orang. Sistem penetapan tarif tiket kereta cepat di China berdasar waktu tempuh. Tarif untuk kelas satu dibanderol 150 yuan (Rp300 ribu) / jam. Untuk kelas dua 100 yuan (Rp200 ribu) per jam.

 

“Dengan kecepatan 350 km/jam, kami bisa hemat waktu. Sebelumnya kami harus menempuh 14 jam dari Beijing ke Nanjing, tapi setelah ada kereta cepat cukup 4,5 jam” ujar Hu Fangfang, pemandu perjalanan para wartawan selama di Beijing. Satu rangkaian kereta cepat yang ditumpangi wartawan terdiri dari 16 gerbong kereta, dengan kapasitas gerbong kelas satu 41 penumpang.

 

Yang menarik dari kereta ini nomor kursi setelah angka diikuti huruf A, C, F, D, tidak runut seperti KA di Indonesia yang A, B, C, D. Kereta cepat di China memiliki karakteristik warna putih di badan kereta dan bentuk moncong menyerupai peluru pada ujung2nya. Interior kereta mirip kereta kelas eksekutif di Indonesia, dilengkapi toilet, pendingin ruangan, dan kabin barang.

 

Kursi2 kereta warna merah dengan sandaran tinggi difasilitasi meja lipat untuk menaruh benda kecil atau peralatan kerja seperti laptop dan gawai. Setelah keberangkatan, pramugari kereta membagikan sekotak makanan kecil berisi kacang, biskuit, dan daging kering. Penumpang juga bebas memilih minuman yang disediakan seperti air mineral, teh, dan jus kelapa.

 

Bagi Panaiyada Pattamakowit, pengalaman pertama menumpang kereta cepat ini berkesan. Wartawan media berbasis daring InfoQuest asal Thailand itu jarang menggunakan kereta api di negaranya. “Orang Thailand lebih senang naik pesawat terbang karena lebih cepat dan harga tiketnya lebih murah dari bus”

 

(Adhitya Himawan; Bahan dari : Antara dan https://www.msn.com/id-id/ekonomi/other/seperti-apa-stasiun-kereta-cepat-di-cina/ar-AAsq355)-FatchurR * Bersambung……….

4 Responses to Setasiun Kereta Cepat di China

  • Zeng Kacang says:

    memang kereta cepat China lebih maju di bandingkan negara2 lain didunia. Karena sudah menembus jarak lebih dari 30.000 km. Dan SDH menembus belahan barat Tiongkok.

  • Harry Reksosamudra says:

    Pd alinea terakhir disebutkan prihal di Thailand, yg dikatakan sbb : “Orang Thailand lebih senang naik pesawat terbang karena lebih cepat dan harga tiketnya lebih murah dari bus”. Yg ingin sy ketahui, krn baru pertama kali dengar, koq bisa ? Apa mungkin fasilitas dikeretanya mewah atau ada atraksi menarik ?

  • Fatkhurr says:

    Kereta di Thailand tidak bagus dan lambat. Sehingga tidak nyaman dan secara produktivitas, hitungannya lebih murah naik pesawat. Selain nyaman juga cepat sampai

  • Harry Reksosamudra says:

    Kemunduran buat Thailand dlm perkereta apian, pdhal dinegara maju, ber lomba2 jadi mass rapid transport yg diunggulkan dlm segala hal, sampai2 diciptakan Amerika yg luar biasa cepatnya tp sdh lupa istilahnya, pokoknya per jam mencapai 1300 km kecepatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita