logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sejarah Internet World Wide Web selama 20 tahun(5/5)

pinterest logo(tribunnews.com)- Web untuk Kepentingan Sosial (2010-2014)

Tren jejaring sosial sangat meng-global dan ekspansif menyusul kemunculan situs2 baru, termasuk situs pencarian visual ‘Pinterest’ dan aplikasi seluler fotografi ‘Instagram’.

 

Kekuatan medsos di beberapa negara yang berkonflik juga terasa, lihat bagaimana pemuda Mesir menggunakannya tahun 2011 untuk mengorganisir protes melawan mantan Presiden Hosni Mubarak.

 

Akibatnya, ‘FB’ dan ‘Twitter’ sempat di-‘block’ di sana serta akses internet dipadamkan. Periode 2012-2013, sekitar 7,3 juta atau 83% rumah tangga di Australia punya akses internet di rumah mereka. Lebih dari 77% rumah tangga memiliki akses internet dengan koneksi gelombang elektromagnetik.

 

Koneksi internet lebih cepat mendukung pertumbuhan situs seperti ‘Youtube’, yang mengakomodasi milyaran video termasuk video fenomenal ‘Gangnam style’, yang telah dilihat hampir 2 milyar kali.

 

Video musik terus mendominasi daftar video paling sering ditonton di ‘Youtube’, namun kondisi ini tak lantas menghentikan ribuan orang mengunggah video mereka dengan tujuan menghibur.

 

Fenomena ini memberi ruang pada ‘blogger’ video, atau mereka yang mengunggah ber-macam2 materi mulai dari tips kecantikan hingga komedi atau kajian film. Hobi para ‘blogger’ itu jadi industri jutaan dolar, mengaburkan batas antara pendapat pribadi dan iklan komersil.

 

Kekuatan internet dan medsos juga digunakan kampanye “#bringbackourgirls,” yang mendesak kelompok Boko Haram di Nigeria melepas ratusan siswi sekolah yang diculik. Brett Gordin, kandidat doktoral di Fakultas Sejarah Universitas Nasional Australia, mengatakan, Twitter jadi media penting bagi kampanye sosial yang dilakukan masyarakat.

 

Meski demikian, ia juga menuturkan “Kritik yang beredar menyebut media seperti ‘facebook’ dan ‘twitter’ tidak efektif dan hanya bersifat sementara.”

 

Masa Depan World Wide Web

Mark menuturkan, perubahan terbesar pada ‘world wide web’ mungkin karena banyaknya pengguna2 baru. “Lima tahun ke depan, kita bergerak dari kepemilikan 1,9 milyar ponsel pintar jadi 6 milyar pemilik. Sebagian besar berada China, India, dan Afrika”.

 

Ponsel pintar yang dijual 25 dolar, menyediakan peluang tanpa henti bagi 3 milyar pengguna baru untuk memanfaatkan kesempatan komersil di web. “Anda terhubung dengan dunia komersil melalui piranti seluler. Kita gunakan karena nyaman, pemakai2 baru menggunakannya untuk mencari uang. Alat ini hebat segala sesuatunya cepat, tak lagi lambat,” jelas Mark.
(Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sejarah Singkat Internet: Kiprah ‘World Wide Web’ atau ‘WWW’ Selama 20 Tahun, Reporter : Ardhi Suryadhi; Bahan dari : http://www.tribunnews.com/australia-plus/2014/05/26/sejarah-singkat-internet-kiprah-world-wide-web-atau-www-selama-20-tahun)-FatchurR * Tamat……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita