Rumah Jokowi nyicil

1-rumah-Jokowi SoloSOLO, KOMPAS.com-Status sebagai presiden terpilih 2014-2019 melambungkan nama Jokowi. Namun, hal itu tidak menghapus masa jatuh bangun Jokowi dulu. Termasuk bagaimana Jokowi dan sang istri, Iriana, bersusah payah mencicil rumah.

Tahun 1990, Jokowi dan Iriana tertarik sepetak tanah di Jl. Kutai Utara, Sumber, Solo, Jateng. Beliau membeli 200 M2 lahan berharga Rp 25.000/M2 untuk dibangun rumah sederhana. “Lah dulu ndak punya duit ?” ujar Jokowi dan Iriana kompak dalam bincang santai dengan wartawan di Solo, beberapa waktu lalu.

Kala itu, Jokowi dan Iriana tidak punya tetangga. Kiri-kanannya sawah. Suara kodok-jangkrik ketika malam hari jadi suasana yang disukai pasangan suami istri yang menikah 24/12/1986. Seiring waktu, ekonomi Jokowi membaik. Ekspor produk mebel Jokowi laku keras di Eropa. Kondisi itu terjadi saat ekonomi Indonesia karut marut akibat Krismon 1998.

“Punya duit dikit-dikit nambah lagi. Beli tanah di samping lagi. Akhirnya sampai saat ini,” kenang Iriana. “Dulu, rumah saya paling bagus. Sekarang ini paling jelek. Rumah bagus sudah dibangun di kiri-kanan,” lanjut dia.

Kini harga tanah di seputaran rumah Jokowi meningkat drastis ketika Jokowi terpilih jadi presiden RI. Salah seorang tetangga sampai tidak jadi jual rumah-tanahnya lantaran saat ini sudah menjadi tetangga presiden.

2-rumah-Jokowi SoloAsri dan nyaman

Rumah Jokowi berdiri di lahan 700 M2, berada di perempatan jalan kompleks. Sekeliling rumah itu ditutup tembok berbahan batu setinggi 3 meter. Gerbang masuk pun dibuat tinggi dan padat agar tidak terlihat dari luar.

Begitu melewati gerbang masuk, jalan setapak dikelilingi rumput dan tanaman hias menyambut. Di ujung jalan setapak terdapat sumur. Dari kondisinya, sumur itu tak digunakan lagi. Dilihat dari jalan setapak, rumah hasil “nyicil” itu tampak apik, paduan gaya minimalis dengan unsur etnik di interiornya.

Kesan asri-nyaman-santai kental terasa begitu masuk ke rumah. Ruang tengah diisi sedikit sofa dan meja kayu jati. Sisanya, hanya karpet dengan 2 bantal besar untuk lesehan. Di salah satu temboknya ada lemari raksasa, tempat menyimpan berbagai buku. Sejumlah barang antik, piringan hitam, melengkapi keasrian dalam rumah.

Bersebelahan dengan ruang keluarga itu, terdapat ruang makan dan meja berpelitur gelap panjang. Background ruang makan itu lukisan mengisahkan Jokowi blusukan. Ruangan shalat melengkapi ruang makan tersebut. Ruang makan tersambung lagi dengan sebuah pintu ke halaman belakang.

 

Taman kecil serta pendapa serba kayu lengkap dengan kolam renang kecil terdapat di sana. Kata Jokowi, kolam renang jarang digunakan. Jika di rumah tak ada orang, air kolam renang dikosongkan dan baru diisi lagi jika ada tamu datang.

Setidaknya, 10 ekor burung, mulai dari burung parkit, jalak, perkutut, hingga cucok rowo serta dua ekor ayam meramaikan suasana jika beraktivitas di halaman belakang itu. “Ini, istri saya suka nongkrong di pasar burung dekat sini. Tapi dia sukanya beli-beli yang murah-murah,” ujar Jokowi.

“Kalau saya di Jakarta rumah ini istri dan anak-anak yang di Solo yang nempatin. Kadang rindu juga,” ujar dia. (http://regional.kompas.com/read/2014/07/31/09595501/Kisah.Jokowi.Nyicil.Rumah.di.Solo)-FatchurR

One Response to Rumah Jokowi nyicil

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Sekarang belum dilantik presiden, istri bisa santai di Solo.Tapi kalau sudah jadi in
    bu presiden, ya harus mendampingi dimana presiden berada, mengatur rumah presiden di Jkt.Kasihan tu anak2, kalau tetap di Solo, siapa yang mendampingi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita