Rudal yang Tembak Jatuh MH17

Misil Buk-Rudal SovietPesawat Malaysia Airlines MH17 dinyatakan jatuh di perbatasan Ukraina-Rusia dinihari, 18 Juli 2014. Sejumlah analis militer mengatakan jatuhnya pesawat komersial yang membawa 295 orang itu karena ditembak menggunakan sistem misil Buk M2.

Dilansir Guardian, Jumat, 18/7/14, analis militer Rusia dari Royal United Services Institute, Igor Sutyagin, memprediksi jenis misil yang digunakan menjatuhkan MH17 adalah sistem peluru kendali (rudal) jenis Buk. Misil tersebut merupakan sistem peluncur misil yang ditempatkan menggunakan kendaraan darat.
Senjata anti-serangan udara itu pengembangan teknologi militer Uni Soviet. Meski Uni Soviet telah runtuh, Republik Federasi Rusia memutuskan tetap melanjutkan pengembangan sistem misil ini untuk pertahanan Angkatan Darat. Hal itu karena kemampuan dan daya jelajah sistem Buk bisa diandalkan.

Misil Buk itu didesain mengantisipasi pesawat tempur musuh, pesawat non-tempur, hingga persenjataan udara seperti rudal / roket. Buk juga dirancang melumpuhkan serangan menggunakan Smart Bomb yang mampu memuntahkan ratusan bom saat ditembakkan. Buk dirancang mampu menghancurkan sasaran dengan tepat pada radius 20 Km.
Sistem itu juga dilengkapi dengan radar canggih yang mampu mengunci musuh sehingga tingkat presisi terhadap sasarannya tepat. Bahkan Buk generasi M2, satu tingkat di bawah versi M3 yang paling canggih, diklaim mampu menembakkan 24 target sekaligus dari arah yang berlawanan.

Buk juga memiliki daya jelajah hingga 500 kilometer dari lokasi peluncuran. Jarak tersebut masuk dalam kategori menengah sehingga biasa digunakan untuk pertempuran darat. Tiap satu kendaraan Buk memiliki empat rudal yang siap diluncurkan. Tiap rudal itu memiliki hulu ledak seberat 180 kilogram.

Kecanggihan sistem rudal Buk itu membuat NATO harus mengembangkan persenjataan serupa. Mereka membuat sistem Grizzly dengan seri terbaru yang diberi nama SA-17. Kemampuannya pun hampir sama dengan Buk M2 milik tentara Rusia.
Tokoh separatis pro-Rusia, Igor Strelkov, tiba-tiba menjadi perhatian dunia ketika dia muncul untuk mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17. Media sosial yang terhubung ke Igor memuat, para pemberontak mengira telah menembak jatuh pesawat kargo angkatan darat di lokasi jatuhnya MH17 yang menewaskan hampir 300 jiwa.
Komentar yang muncul dari pejabat tinggi militer kelompok yang memproklamasikan diri sebagai “Republik Rakyat Donetsk”, kelompok separatis ini tak sengaja menembak MH17 karena awalnya diyakini sebagai pesawat kargo Angkatan Darat Ukraina.

 

Igor Strelkov, pria yang dikenal sebagai “Igor Sang Pembuat Onar” ini, terlahir sebagai Igor Girkin pada tahun 1970 dan dibesarkan di Moskwa, ia disebut memiliki ikatan kuat dengan sejarah Rusia dengan ambisi untuk melihat kembali kejayaan kekaisaran Rusia. (Suhirto M; sumber; info.com dan http://cerana.net/varia/pesawat-malaysia-airlines-mh17-ditembak-rudal-buk/)-FatchurR

One Response to Rudal yang Tembak Jatuh MH17

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Meningkatkan kejayaan Rusia lagi ya boleh2 saja, tapi ya yang bener dong.Kalau ini cari sensasi, namanya, tapi tidak berperikemanusiaan juga, dengan mengorbankan hampir 300 jiwa. Hmmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita