Reaktor Biogas Mengantarkan Jember Futura Energi Meraih Juara Dunia

Reaktor Biogas Mengantarkan Jember Futura Energi Meraih Juara Dunia(beritasatu.com)-JAKARTA; Dua tim wirausaha muda Indonesia, Jember Futura Energi dan Resikel,  terpilih sebagai juara kompetisi global Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards 2019, yang menganugerahkan penghargaan kepada beragam bisnis inovatif serta memberi kesempatan pada para wirausaha untuk mengembangkan bisnisnya di tingkat global.

 

Tim Jember Futura Energi, yang digawangi 6 wirausaha muda dari Banyuwangi, berhasil mengembangkan inovasi berupa reaktor biogas berbiaya terjangkau bagi peternak, berhasil memukau dewan juri dan mengantarkannya jadi juara pertama kompetisi Shell LiveWIRE Top Innovators Awards 2019 kategori energi dan mobilitas.

 

Pemenang ke-2 (runner-up) kategori energi dan mobilitas diberikan ke 2 tim, yaitu tim Energiestro (Perancis) dan tim Resikel Indonesia. Kemenangannya berkat inovasi mengembangkan mesin pyrolizer pengubah plastik jadi BBM berkualitas di atas kerosin dengan konversi di atas 80%, serta incinerator yang dipatenkan untuk memusnahkan sampah yang tak dapat didaur ulang sehingga diterapkan sistem pengelolaan zero waste.

 

Presdir PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi, mengungkapkan, prestasi yang dicapai tim Jember Futura Energi dan tim Resikel kembali, bukti anak muda Indonesia kita berpotensi besar dalam berkarya dan menghasilkan pemikiran kreatif dan solutif menjawab tantangan besar transisi energi di masa depan.

 

“Sumber daya manusia yang resilien, inovatif, dan mampu berkompetisi global, modal kuat jadi pemenang di era revolusi industri 4.0. Melalui kegiatan seperti Shell LiveWIRE, Shell ingin terus mendukung perjalanan lebih banyak wirausaha dan talenta muda untuk berkarya, mengembangkan bisnisnya dan membangun dunia lebih baik lagi,” ujar Darwin kepada BeritaSatu.com (27/11/19).

 

Pemenang tiap kategori berhadiah US$ 20.000, dan 2 orang pemenang ke-2 dari tiap kategori dapat US$ 10.000. Juga dipilih pemenang Outstanding Achievement Award yang dianugrahi hadiah US$10.000. Ke-10 pemenang juga dapat penghargaan, misalnya pendampingan pakar dari Shell, peluang mendapat untung dari koneksi pasar dan kesempatan bergabung jadi vendor Shell atau konsumen Shell.

 

“Ajang Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Award itu cara kami mendukung lebih banyak wirausaha muda inovatif yang fokus pemanfaatan sampah dan limbah dan mendorong terwujudnya ekonomi sirkular untuk masa depan lebih baik,” ujar Darwin.

 

Tahun-2019, panitia Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards menerima 98 aplikasi dari 19 negara, terbagi 3 kategori yaitu makanan dan pertanian (food & agriculture), energi dan mobilitas (energy & mobility) , serta masa depan berkesinambungan (sustainable future). Karya tim Jember Futura Energi dan tim Resikel tahun-2019 menyisihkan 16 karya inovatif bidang energi dan mobilitas lain.

 

CEO Jember Futura Energi, Izza Auliya Amukholidi, mengatakan, pihaknya bangga terpilih sebagai juara pertama kompetisi global Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards 2019.

 

“Kami bersyukur karena usaha kami bersemangat mengembangkan energi alternatif dapat membantu masyarakat petani dapat apresiasi global. Kami  berterima kasih ke Shell Indonesia yang  memberi kesempatan dan memfasilitasi kami untuk terus tumbuh, mengembangkan bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” kata Izza.

 

(Feriawan Hidayat; FER; Bahan dari : BeritaSatu.com dan

https://www.beritasatu.com/digital/587673/reaktor-biogas-antarkan-jember-futura-energi-raih-gelar-juara-dunia )-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita