logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Proyek jalan perbatasan selesai 2018

NERACA-Jakarta-Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono menargetkan proyek2 jalan perbatasan seluruhnya selesai 2018. “2018 saya targetkan seluruh jalan2 nasional di perbatasan selesai dan dapat digunakan” kata Basuki H ketika membuka acara “Indonesia Infrastructure Week 2015” di Jakarta, Rabu (4/11).

 

Peluang infrastruktur masih luas, sehingga perkembangan akan terjadi mendukung perekonomian nasional. Kini sedang dikerjakan pembangunan jalan perbatasan dari Kalbar hingga Kalimantan Utara 1.670 km. Jalan ini berbatasan dengan Malaysia.

 

Jalan2 nasional di sekitar perbatasan Papua-Papua New Guinea juga dibangun. NTT yang berhadapan darat dengan Timor Timur juga dalam proses pembangunan. “Selain jalan, pintu lintas negara akan diperbaiki, karena kondisinya tidak layak,” katanya.

 

Dirjen Bina Konstruksi Yusid Toyib mengingatkan pentingnya pembangunan sektor konstruksi sebagai kunci menghadapi MEA. “Bukan karena kita akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN saja, melainkan antarsektor harus saling ‘support’ membangun sektor konstruksi di Indonesia agar lebih kuat,” katanya.

 

Ia minta dukungan seluruh pemangku kepentingan jasa konstruksi, dari Pemerintah, LPJK, penyedia jasa BUMN, swasta, asosiasi, lembaga keuangan, dan peran serta dunia pendidikan untuk bekerja sama membentuk SDM kompeten dan Badan Usaha handal, kokoh, berdaya saing tinggi dan kompetitif.

 

Yusdi menjelaskan biaya barang-jasa bergerak di Indonesia tinggi dibanding negara2 tetangga. Studi dari Bank Dunia menunjukkan kurangnya infrastruktur telah menyebabkan pertumbuhan Indonesia tertinggal. Strategi pemerintah menyederhanakan pelaksanaan proyek2 infrastruktur, untuk pelaksanaan lebih baik di sektor prioritas seperti jalan, transportasi, pelabuhan dan listrik.

 

“Potensi pasar ini belum didukung jumlah pekerja Indonesia sektor konstruksi berkualitas. Kami mencatat pekerja konstruksi 7,2 juta, namun data LPJKN Agustus 2015 hanya 109.000 ahli yang bersertifikat, 387.000 pekerja bersertifikat, sejumlah 478 orang yang memiliki otorisasi untuk bekerja di kawasan ASEAN,” katanya.

 

“Kita dapat disusul Singapura dan Malaysia. Jika kita tidak maju dengan lebih cepat lagi, dan kita tidak akan dapat merasakan keuntungan dari program Masyarakat Ekonomi ASEAN yang terintegrasi ini,” tuturnya. (http://www.neraca.co.id/article/61062/proyek-jalan-perbatasan-ditargetkan-rampung-2018)-FatchurR

———-

Rangkaian artikel Aku cinta Indonesia lainnya :

  1. 16 Pabrik garap proyek kapal 14 T
  2. Mentan akan bangunb 1000 unit took Tani
  3. Menteri ESDM resmikan 2 proyek PLTU

————

 

16 Pabrik garap proyek kapal 14 T

Jakarta-Kemenhub kembali pesan kapal2 perintis penghubun daerah2 terpencil di Indonesia. Kemenhub berpesan agar kualitas kapal dijaga termasuk dalam pemilihan bahan. Kali ini, Kemenhub pesan 39 kapal merupakan pembelian ke-3x dari target penambahan 178 kapal baru 2015, termasuk kapal2 patroli.

Dirjen Hubla Bobby Mamahit mengatakan, pemesanan kapal2 itu dikerjakan perusahaan galangan kapal dalam negeri. Ada 16 perusahaan yang menang tender senilai Rp 1,4 triliun.

“Jangan pakai bahan jelek. Ini kapal perintis buat kepentingan banyak orang, pakailah besi bagus. Toiletnya pakai yang bagus. Murnya yang bagus, jangan yang seminggu coklat, jangan cari yang jelek,” ujar Bobby usai penandatanganan kontrak pembelian kapal di Kantor Kemenhub Jakarta, (2/11/15).

Bobby mengungkapkan, dari pengalaman pengadaan kapal, ada beberapa perusahaan galangan kapal yang menggunakan bahan tidak bagus, khususnya untuk plat besi dan sambungannya. Hal ini membuat kapal cepat mengalami korosi air laut.

“Ada beberapa perusahaan, tidak bisa saya sebutkan. Makanya kali ini pengawasan selain dari Irjen, kita ada marine inspector, dan BPKP dalam pendampingan verifikasi dokumen. Agar bahan yang dipakai sesuai,” ucap Bobby.

Hingga 2017 mendatang, pihaknya menargetkan beli sedikitnya 100 unit kapal perintis baru. Kapal2 ini : 2 unit ukuran 500 DWT, 2 unit tipe 200 DWT, 25 unit tipe 2.000 GT, 20 unit tipe 1.200 GT, 11 unit tipe 750 DWT, 15 kapal semi kontainer 100 teus, kapal Rede 20 unit, dan 5 unit kapal ternak.

“Dari jumlah itu, 32 unit kapal sudah dalam tahapan pembangunan. Dan Alhamdulillah hari ini selesai tanda tangan kontrak 39 unit kapal,” tuturnya. Kapal2 itu rencananya dioperasikan PT Pelni. Sementara itu, untuk penempatannya, sebagian besar akan dioperasikan di Indonesia Timur.

“Penempatan sekaligus operasi kapal perintis di Tual, Ternate, Semarang, Saumlaki, Biak, dan Tahuna. Jenis Rede akan dipakai di Tanjung Balai Karimun,” tutupnya. (hen/hen; http://m.detik.com/finance/read/2015/11/02/193251/3060216/1036/16-pabrik-garap-proyek-kapal-rp-14-t-kemenhub-pilih-mur-yang-bagus)-FatchurR

———-

 

Mentan akan bangunb 1000 unit took Tani

Temanggung-Untuk menstabilkan pasokan kebutuhan pangan pokok, Mentan Andi Amran Sulaiman akan membangun 1.000 unit toko tani di Indonesia. Toko tani ini menyediakan kebutuhan tanaman hortikultura : Cabai dan bawang putih bagi konsumen, terutama di bulan2 defisit : Desember hingga Maret. Bulan defisit ini terjadi lantaran petani kerap gagal panen saat musim hujan tiba.

 

“Kita harus atur pola tanam di bulan defisit itu. Jadi jangan sampai ada lagi kekurangan cabai tiap tahun. Toko tani ini seperti operasi pasar, ada tiap hari,” ujar Amran saat panen cabai di Desa Danupayan, Kec-Bulu, Kab-Temanggung, Jateng (5/11).

 

Kini ada 150 toko tani di kota besar : Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Toko ini nantinya ditempatkan di kota2 yang fluktuasi harga tinggi antara petani dan konsumen. Adanya toko tani bisa memotong rantai pasokan ke konsumen. Kini, harga cabai di Temanggung Rp 8.000/Kg dengan biaya tanam per batang Rp 2.000 sampai Rp 3.000.

 

“Di sini harganya Rp 8.000, di kota seperti Jakarta bisa Rp 15.000. Harusnya bisa diangkat paling tidak jadi Rp 10.000/Kg, jadi produsendan konsumen nyaman,”. (Priska Sari Pratiwi/WBP; http://m.beritasatu.com/ekonomi/319920-stabilkan-kebutuhan-pangan-mentan-akan-bangun-1000-unit-toko-tani.html)-FatchurR

————–

 

Menteri ESDM resmikan 2 proyek PLTU

Muaraenim (ANTARA News) – Menteri ESDM, Sudirman Said atas nama Presiden Jokowi meresmikan dua unit PLTU di Kab-Lahat dan Muaraenim, Sumsel. Dua unit PLTU itu pertama peletakan batu pertama proyek pembangunan PLTU Sumsel 8 di Muaraenim, dan beroperasinya PLTU Banjarsari di Kab-Lahat.

Hadir pada peresmian itu : Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Dirut PT Bukit Asam Tbk Milawarma, Dirjen Listrik Kementerian ESDM, Jarman. Menteri ESDM, Sudirman Said menyampaikan pesan singkat dari Presiden Jokowi kepala negara tidak bisa hadir karena ada acara lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Menteri ESDM mengatakan PLTU Sumsel 8 di Muaraenim, merupakan proyek pembangkit listrik mulut tambang yang dibangun tanpa jaminan pemerintah. PLTU ini memanfaatkan batu bara di lokasi tambang PT Bukit Asam Tbk di Tanjung Enim Kab-Muaraenim dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Sedangkan PLTU Banjarsari yang terletak di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan juga merupakan pembangkit listrik mulut tambang dibangun oleh PTBA bekerja sama dengan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dengan memanfaatkan bahan bakar batu bara dari tambang Muara Tiga Besar Selatan Milik PTBA.

Targetnya dua pembangkit ini menambah pasokan serta meningkatkan keandalan listrik di Sumatera. Pembangunan PLTU ini bagian dari upaya diversifikasi pembangkit non BBM, sehingga menurunkan biaya pokok penyediaan listrik yang berpengaruh pada pengurangan subsidi listrik. (Editor: Desy Saputra; COPYRIGHT © ANTARA 2015;

http://www.antaranews.com/berita/527973/menteri-esdm-resmikan-dua-proyek-pltu)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita