logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Profesi ini terancam Punah diganti Mesin(1/2)

teller bank(tekno.kompas.com)-Berjalannya waktu dan makin canggihnya teknologi, pekerjaan yang biasa menggunakan tenaga manusia diprediksi akan tergantikan. Menurut analisis Glassdoor, situs komunitas pencari kerja, otomatisasi meningkat drastis pada (2033).

 

Saat itu, Glassdoor mengklaim 47% dari pekerjaan yang ada akan diambil alih mesin. “Di masa depan, kebanyakan pekerjaan saat ini, dari kasir ke teller, akan diotomatisasi dan kebutuhan orang mengerjakan peran itu tak diperlukan lagi saat teknologi mampu dan mengambil tanggung jawab itu” kata Scott Dobroski, Ahli Komunitas Glassdoor.

 

Menurut Dobroski, ada jenis2 pekerjaan keterampilan rendah, seperti telemarketer, digantikan dengan mudah oleh mesin. Namun, pekerjaan yang butuh kreativitas atau kemampuan sosial tinggi tidak akan tergantikan dengan mudah.

 

“Perencana pernikahan (wedding planner), contohnya, tidak berisiko diotomatisasi seluruhnya karena kreativitas, komunikasi, dan kemampuan multitasking dibutuhkan menyelesaikan pekerjaan”. Ingin tahu prediksi pekerjaan2 yang bisa punah, diganti tenaga mesin dalam tahun2 mendatang?

 

Berikut 10 pekerjaan yang mungkin tergantikan (dikutip dari Mashable).

1-Teller bank

Peran dari pekerjaan satu ini mulai digantikan mesin ATM. Kini, nasabah bank dapat ambil uang tunai, transfer dana, bayar tagihan, hingga beli pulsa melalui mesin ATM. Melalui mesin khusus lainnya, nasabah dapat setor uang tunai ke rekeningnya.

 

Menurut Mark Gilder, Director of Distribution Strategy Citibank, kini 85% pekerjaan teller bank dapat dilakukan di ATM. Meski begitu, jenis pekerjaan ini belum digantikan mesin sepenuhnya. Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS) AS, tak ada perubahan yang signifikan pada jumlah tenaga kerja ini hingga (2022).

 

2-Kasir

Kasir itu salah satu contoh lain pekerjaan yang dapat digantikan mesin. Beberapa toko besar di AS dan negara2 Barat lainnya menyediakan mesin khusus untuk layanan mandiri para pembelinya. Nantinya,  pembeli bisa memindai dan melakukan pembayaran secara mandiri melalui mesin itu.

 

Hingga kini, mesin mandiri itu diketahui berjumlah 430.000 unit di dunia, meningkat hingga empat kali lipatnya dari tahun 2008 lalu. (Yong Sidharta-A61; sumber dari Deliusno; Bahan dari : Mashable.com dan https://tekno.kompas.com/read/2014/01/29/1727369/10.Profesi.yang.Terancam.Punah.Digantikan.Mesin)-FatchurR * Bersambung…………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita