ratusan bunga mekar bersama

Power Bank PLN Untuk Listrik di luar Ruangan(m.mediaindonesia.com)-Bagi pengusaha event organizer atau penyelenggara acara, fungsi daya listrik sangat vital, laiknya darah yang memberi energi ke seluruh bagian tubuh.

 

Karena, acara2 yang dihadiri ribuan hingga puluhan ribu orang, butuh listrik penunjang infrastrukturnya. Sebut saja tata cahaya, tata suara sampai penerangan di lahan parkir dan toilet, semua butuh daya listrik andalan, agar acara lancar hingga selesai. Jadi, pengunjung dan para pengisi acara terpuaskan.

 

Permasalahannya, penyelenggara butuh pasokan daya listrik andal dan berkapasitas besar, agar acara hingga tuntas, sekaligus juga berharga terjangkau. Alat generator set atau genset ber-BBM solar atau bensin yang biasa disewa, selama ini menjadi andalan dalam menyediakan daya listrik yang dibutuhkan. Meski diakui, harga yang dikeluarkan juga tidak murah.

 

Hitung saja, sebuah genset butuh solar sebagai bahan bakar. Hitungannya, tiap liter solar menghasilkan listrik ± 3 Kwh. Dengan harga solar nonsubsidi Rp9.000,0an per liter, berarti harga listrik dari genset Rp3.000,00 per Kwh. Harga ini di luar biaya sewa gensetnya.

 

“Kita terus terang butuh sumber listrik yang selain terjamin dapat diandalkan pasokannya selama acara, juga berharga terjangkau,” ungkap Dhani Pette, pendiri POS Entertainment yang bergerak di bidang event organizer, promotor music, dan manajemen artis.

 

Karena itu Dhani merasa gembira ketika pada acara Konser 35 Tahun Slank yang digelar 23/12/18 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pihaknya mendapat sumber daya listrik baru, yakni Power Bank Express Power Service dari PT PLN.

 

Dalam Konser Slank ini POS Entertainment yang bertindak sebagai promotor acara, menggunakan 4 unit power bank PLN berdaya masing2 400 KVA. Biaya operasionalnya nyaris separuh dari biaya bahan bakar genset. PLN hanya mengenakan biaya Rp1.600,00 per Kwh, bandingkan dengan genset yang berbiaya bahan bakar Rp3.000,00 per Kwh. “Jelas lebih hemat,” papar Dhani.

 

Tak cuma itu, dia senang dengan profesionalitas tim PLN. Tim PLN siap sedia ketika diajak rapat dengan tim tata suara, tata cahaya, dll demi mengamankan pasokan listrik saat konser berlangsung.

 

Yang lebih canggih, PLN menyediakan perangkat Uninterruptible Power Supply alias UPS sepaket dengan biaya Power Bank Express Service. Kegunaan UPS sebagai penyedia daya listrik cadangan, seandainya perangkat power bank mengalami kendala saat hari H, yang nyatanya tidak ada masalah sama sekali.

 

Saat gladi resik acara yang berlangsung sehari sebelum konser, tim PLN pun mendemonstrasikan keandalan UPS yang mampu menyimpan daya listrik cadangan setara 3 jam. Caranya, dengan sengaja mematikan sumber daya dari power bank.

 

Saat itu, dia bingung karena tidak ada perubahan sama sekali. “Saya sampai bilang, Pak coba sekarang. Ternyata dijawab tim PLN, sudah Pak, barusan. Saya kaget. Tidak ada bedanya, daya tidak ada yang turun, lampu dan peralatan tidak ada yang mati, atau bahkan berkedip,” jelas Dhani semangat.

 

Berdasar info dari tim PLN, peralihan sumber daya dari power bank ke UPS hanya nol koma sekian detik. Keunggulan itu menjadikan pihaknya tidak merasakan perbedaan. “Jika pakai genset, kalau tidak salah ada jeda, 1-3 detik sebelum listrik cadangan menyala, jika ada sesuatu dengan daya listrik utama. Hal ini menyebabkan acara terganggu, bahkan peralatan bisa rusak,” papar Dhani.

 

Dengan pengalaman positif ini, ia putuskan pakai kembali layanan Power Bank Express Power Service PLN saat menggelar acara HUT ke-73 Muslimah NU pada 26 -27/1/19.

 

“Kami sewa 1.200 KVA total pemakaian dari yang unit 100 KVA, 250 KVA, sampai 400 KVA yang dipakai. Itu pemakaian seluruh elemen kelistrikan termasuk back-up-nya,” ungkapnya terkait melistriki acara, yang digelar di GBK Senayan, dan dihadiri ratusan ribu orang dari seluruh Indonesia itu.

 

Komentar positif diungkapkan Hariyadi Sukamdani, pengusaha nasional yang Ketua PHRI. Hariyadi menilai penggunaan Power bank express power service dari PLN cocok untuk pengusaha yang banyak bergerak di luar ruang, seperti event organizer. Biaya operasional power bank PLN miring dibanding biaya genset pun dirasakannya sangat membantu para pengusaha. (Irana Shalindra;  Bahan dari : http://m.mediaindonesia.com/read/detail/215725-power-bank-pln-untuk-listrik-luar-ruang)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar