Polisi Menangkap Penyebar Malware eCommerce

Polisi Menangkap Penyebar Malware eCommerce

(indotelko.com)-JAKARTA; Dittipidsiber Bareskrim Polri berhasil mengungkap pelaku penyebar malware yang jadi ancaman bagi pengakses situs eCommerce di Indonesia, bahkan dunia.

 

Dalam rilisnya dinyatakan, pengungkapan ini dilakukan di bawah bendera Night Fury Operation yang terdiri dari lembaga penegak hukum dan private sector. Night Fury Operation salah satu program dari ASEAN Cyber Capability Desk yang dirancang Interpol dan bekerja sama dengan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pencegahan serangan siber, yaitu Group-IB.

 

Target operasi yang jadi fokus adalah penyebaran malware bernama JS Sniffer. JS Sniffer adalah malware ‘penyusup’ untuk memantau seluruh info di situs target.

 

Perintah yang ditemukan adalah malware ini ‘get billing’ sehingga pelaku mendapat info perbankan milik pengunjung situs seperti nomor kartu kredit, nama lengkap pemilik kartu kredit, alamat pemilik kartu kredit, akun PayPal, nomor telepon, alamat email, dan username yang digunakan untuk login berikut dengan password-nya.

 

Berdasarkan hasil penelusuran Group-IB, JF Sniffer telah berhasil menginfeksi lebih dari 200 situs eCommerce di berbagai negara, termasuk Indonesia.

 

Setelah melalui penyelidikan, Dittipidsiber Bareskrim Polri berhasil mengamankan beberapa tersangka yang diduga sebagai pelaku penyebaran JS Sniffer di Indonesia, yaitu K (35 Tahun) dan NA (25 Tahun).

 

Modusnya, mereka mencari kerentanan situs eCommerce, lalu membuat “pintu” yang disusupkan dalam situs itu sehingga tiap pengunjung yang mengakses situs eCommerce itu akan melewati pintu yang mereka siapkan.

 

Tidak hanya situs eCommerce di Indonesia, pelaku juga berhasil menyusup di banyak situs eCommerce dari Inggris, Afrika Selatan, Australia, Belanda, dan Jerman. Dalam 1 tahun, pelaku mengumpulkan sejumlah barang elektronik yang jika dikumpulkan dapat mencapai angka Rp 150 juta.

 

Beberapa barang bukti yang berhasil diamankan antara lain 1 (satu) buah Laptop, 5 (lima) buah handphone berbagai merk, 1 (satu) unit CPU, 3 (tiga) buah KTP an. Tersangka, 1 (satu) buah Token BCA, 2 (dua) buah kartu ATM.

 

Dittipidsiber Bareskrim Polri menyadari penegakan hukum tak cukup untuk mencegah jatuhnya korban akibat penyebaran malware ini.  Polri akan meningkatkan kerja sama dengan pihak yang bersinggungan dengan eCommerce dan cyber security sehingga tidak banyak masyarakat yang menjadi korban.

(wn; Bahan dari : https://www.indotelko.com/read/1579925816/polisi-malware)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita